Ini Pemenang FLS2N Jenjang Pendidikan Khusus Tahun 2021  07 September 2021  ← Back

Bandung, Kemendikbudristek --- Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Festival ini diselenggarakan tidak hanya untuk menggali talenta siswa PDBK di bidang seni, namun juga menjadi ajang pelestarian budaya.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim,  mengingatkan, kompetisi dan medali bukan segala-galanya karena Sang Juara (The Winner) yang sesungguhnya adalah mereka yang penuh integritas, mampu bekerja sama membangun jejaring, serta siap berperan dan berprestasi untuk mewujudkan perubahan masyarakat informasi yang adil dan beradab.

“Kemenangan kalian adalah prestasi kita semua. Belajar dalam masa ini memang tidak mudah, tetapi inilah saatnya kita berinovasi. Saatnya kita melakukan berbagai eksperimen, mendengarkan hati nurani, memanen ladang optimisme, dan menuai kemajuan,” ujarnya dalam penutupan FLS2N pekan lalu.

Kepada seluruh peserta FLS2N tahun 2021 yang telah mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan integritas, Mendikbudristek menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya. Termasuk kepada para orang tua dan guru yang telah mendukung dan membangun semangat para siswa untuk tetap positif, berprestasi, dan memiliki karakter teladan. “Mari kita lalui segala tantangan dengan inovasi dan solusi. Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia!” tekannya.  

Mendikbudristek meyakini bahwa kesenian dapat membangun energi positif dan rasa bahagia yang akan membuat bangsa lebih optimis melewati berbagai ujian. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, tantangan terbesar adalah untuk tetap merapatkan barisan dalam menghadapi segala perubahan zaman.

Nilai-nilai dari berkesenian tersebut menurut Nadiem dapat membentuk sikap waspada namun tidak mudah curiga, saling menjaga, dan menyadari bahwa ada hikmah di balik setiap kesulitan yang kita hadapi. “Pada hari ini, kita semua berbangga, generasi-generasi hebat di bidang seni, telah lahir,” ucapnya.

Optimisme senada juga disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi. "Kita optimis dengan karya adik-adik itu, adik-adik dapat terus belajar untuk memperkuat diri untuk kemudian menunjukkan kepada dunia dan Indonesia, bahwa adik-adik adalah Generasi Emas yang kreatif, Pelajar Pancasila harapan bangsa," tegasnya.

"Kita ingin tetap adik-adik memelihara mimpi adik-adik semua, tetap meninggikan mimpi adik-adik semua dan menyiapkan untuk masa depan yang lebih baik," pesan Kepala Puspresnas yang bangga melihat begitu banyak keragaman kreativitas siswa yang ditampilkan tahun ini.***

Dalam kompetisi tersebut, tercatat 343 peserta dari 34 provinsi melakukan registrasi dan unggah dokumen keabsahan secara daring. Dari jumlah tersebut, sebanyak 341 peserta lulus uji keabsahan. Peserta yang lulus keabsahan membuat karya untuk dikirimkan kepada panitia lomba melalui portal https://pk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.

Berikut adalah daftar pemenang FLS2N jenjang pendidikan khusus (diksus) tahun 2021. Pemenang Cipta dan Baca Puisi jenjang SMPLB/SMALB, medali emas diraih Nuris Nur Hidayati dari SLB PGRI Tlanakan, Provinsi Jawa Timur. Medali perak dan perunggu masing-masing diraih Ni Komang Yuni Lestari SLB Negeri 1 Denpasar, Provinsi Bali serta Jona Handika Putra Pratama dari SLB N 31 PKLK Negeri Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk    pemenang Cipta Komik Strip jenjang SMPLB/SMALB, medali emas diraih    Yanu Kana Rana dari SLB Negeri Pati, Provinsi Jawa Tengah. Medali perak diraih Acalaida Cendaneswari dari SLB Negeri 1 Bantul, Provinsi D.I. Yogyakarta dan medali perunggu diraih Erlina Rizky Amelia dari SLB Bina Bangsa, Provinsi Jawa Timur.

Berikutnya, medali emas bidang lomba Desain Grafis jenjang SMALB dimenangkan oleh Fabya Najwa Azhari dari SLB Tunarungu Santi Rama, Provinsi D.K.I. Jakarta. Medali perak dimenangkan oleh Aisyah Syerviyah dari SLBS Muhammadiyah, Provinsi Jawa Timur. Medali perunggu dimenangkan I Made Adi Suryawan dari SLB Negeri 1 Badung, Provinsi Bali.

Pada bidang Desain Grafis jenjang SMPLB, dimenangkan oleh Moh. Fajrul Hakam Hidayat dari SLB Tunarungu Santi Rama, Provinsi DKI Jakarta. Medali perak dimenangkan Ferdi Kurniawan Putra dari SLB Negeri Tompokersan Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Medali perunggu diraih oleh Kadek latri astute dari SLB Negeri 1 Badung, Provinsi Bali.

Untuk lomba melukis jenjang SDLB, medali emas berhasil diraih Rasyid Mirah Parnowito dari SLB Purwosari, Provinsi Jawa Tengah. Medali perak diraih Nisa Alawiah dari SLBN Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan medali perunggu diraih Andhisty Naifah Laksono dari SLB Negeri Bekasi Jaya, Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan untuk lomba melukis jenjang SMPLB/SMALB    dimenangkan oleh Rani Kurniasih dari SLB Bhakti Wiyata, Provinsi D.I. Yogyakarta. Medali perak diraih oleh Siti Nurfadillah dari SLB Negeri Mutiara Bahari Mandiri, Provinsi Jawa Barat. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Arfhila Choirunisa dari SLBN Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Pada perlombaan menari jenjang SMPLB/SMALB, yang memenangkan medali emas adalah Ni Ketut Widya Sari dari SLB Negeri, Gianyar, Provinsi Bali. Medali perak dimenangkan Dina Faridah Khoirunnisa dari SLB Negeri Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan medali perunggu dimenangkan oleh Laelis Nur Inayah dari SLB N Koba, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sementara itu, bidang lomba menyanyi jenjang SDLB berhasil dimenangkan oleh Carissa Kusumaning Asih dari SLB Negeri Rembang, Provinsi Jawa Tengah. Posisi kedua ditempati oleh Sayidah Salma Atqiya dari SLB A Ruhui Rahayu, Provinsi Kalimantan Timur. Sementara itu, posisi ketiga ditempati Siti Nur Istiqomah dari SLB Negeri A Pajajaran, Provinsi Jawa Barat.

Pada jenjang SMPLB/SMALB, peraih medali emas yaitu Yenny Melania Alicia Damanik dari SLB A & A+ (Ganda) E, Provinsi DKI Jakarta. Peraih medali perak yaitu Gede Ayu Putri Marheni dari SLB Negeri Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Sementara itu, peraih medali perunggu adalah Muhammad Wiratama Priswanto dari SLBN 1 Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Untuk bidang lomba MTQ jenjang SMPLB/SMALB, dimenangkan oleh Siti Farhatun Nufus dari SLBN Rasau Jaya, Provinsi Kalimantan Barat. Peraih medali perak yakni Padli Rianto dari SLBN Inhu, Provinsi Riau. Sementara untuk medali perunggu dimenangkan oleh Cahaya Hanura Siregar dari    SLB Kartini Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pada bidang pantomim jenjang SMPLB/SMALB, medali emas berhasil diraih Mutia Fatwa SLB Negeri Batubara, Provinsi Sumatera Utara. Medali perak diraih Jufriadi dari SLB Negeri 1 Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan untuk medali perunggu dimenangkan oleh M. Ardi Surya Subagja dari SLBN Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Selamat!  *(Denty A./Aline R.)*
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 6426 kali