Perpustakaan Kemendikbudristek Raih Penghargaan Kontributor Terbanyak Portal Indonesia One Search  15 September 2021  ← Back

Jakarta, 14 September 2021 – Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerima penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka peringkat kelima untuk kategori Kontributor Terbanyak Portal Indonesia One Search (IOS). Penghargaan ini diberikan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI sebagai apresiasi atas capaian hasil, segala kerja keras dan semangat yang ditunjukkan kementerian/lembaga, dalam mengembangkan insan perpustakaan yang cakap, tangguh, dan andal dalam meningkatkan kebermanfaatan perpustakaan dan literasi sehingga tersebar hingga ke pelosok negeri.

Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kemendikbudristek, Suharti mengatakan bahwa hal ini tidak terlepas dari partisipasi aktif seluruh pustakawan pada masing-masing perpustakaan di lingkungan Kemendikbudristek yang tidak kenal lelah dalam mendukung pelaksanaan literasi untuk pemustaka melalui koleksi-koleksi terbaiknya.

“Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini. Kemendikbudristek mengapresiasi upaya Perpustakaan Nasional yang setiap tahun memberikan perhatiannya kepada para pustakawan untuk terus meningkatkan pelayanan literasi. Saya ucapkan selamat kepada seluruh pustakawan Kemendikbudristek. Semoga dalam menjalankan tugas, unit kerja perpustakaan dapat terus bersinergi bersama-sama membangun perpustakaan berbasis digital guna meningkatkan layanan kepustakaan, mendukung program literasi, dan menunjang ketersediaan bahan bacaan sebagai pusat belajar masyarakat,” tutur Suharti pada Selasa (15/9).

Nugra Jasadharma Pustaloka adalah bentuk penghargaan tertinggi yang diselenggarakan tahunan oleh Perpustakaan Nasional RI atas dedikasi lembaga dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan serta upaya yang konsisten dalam menumbuh kembangkan budaya kegemaran membaca dan literasi di Indonesia.

"Nugra Jasadharma Pustaloka tidak sekedar lembaran piagam dan piala, tetapi juga memberikan dampak nyata dari penguatan literasi," ujar Kepala Perpustakan Nasional Muhammad Syarif Bando pada puncak Gemilang Perpustakaan Nasional RI yang digelar secara hybrid, Selasa, (14/9).

“Apresiasi ini, akan kami jadikan sebagai pemacu semangat kami dalam mengelola perpustakaan Kemendikbudristek yang lebih baik untuk mendukung program Merdeka Belajar guna mewujudkan Indonesia Maju Indonesia Unggul,” ujar Anang Ristanto selaku Pelaksana tugas (Plt). Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbudristek.

Berikut beberapa kategori yang diperlombakan dalam Nugra Jasadharma Pustaloka 2021. Kategori pejabat publik, tokoh masyarakat, masyarakat, media massa, lifetime achievement, buku terbaik, lomba perpustakaan desa, lomba perpustakaan slta/smk/ma, lomba bertutur sd/mi, dan kontibutor indonesia onesearch (ios).

Penyerahan Nugra Jasadharma Pustaloka 2021 dikemas dalam konsep hiburan Gemilang Perpustakaan Nasional. Kali pertama, perhelatan Gemilang Perpustakaan Nasional diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang jatuh pada 14 September. Hadir menjadi pengisi acara pada Gemilang Perpustakaan Nasional Duta Baca Indonesia Gol A Gong, motivator Maman Suherman (Kang Maman), dan penyanyi solo Cakra Khan.



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 499/sipres/A6/IX/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 204 kali