Riung Media: Edukasi Capaian Kinerja Badan Bahasa Tahun 2021  27 September 2021  ← Back

Jakarta, 27 September 2021 --- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan (edukasi) masyarakat maupun kesadaran publik tentang pengembangan dan pembinaan bahasa Indonesia. Untuk itu, Kemendikbudristek menggelar Riung Media untuk memberikan edukasi mengenai capaian kinerja yang telah dilakukan Badan Bahasa.

“Kolaborasi dengan media masa penting dijalin dengan erat sehingga publikasi praktik baik yang telah dilakukan Badan Bahasa dapat menyentuh berbagai kalangan masyarakat hingga pelosok Indonesia,” ucap Kepala Badan Bahasa E. Aminudin Aziz dalam acara yang berlangsung secara hibrida di Jakarta, Kamis (24/9).  

Tujuan utama Riung Media dijelaskan Kepala Badan adalah untuk menyampaikan informasi kepada publik terkait kinerja Badan Bahasa, seperti pelaksanaan Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2021 yang akan digelar pada bulan Oktober mendatang. “Kami ingin pemberitaan tentang capaian, layanan, maupun kegiatan Badan Bahasa dapat diketahui masyarakat sebagai penghilirnya,” ungkap dia.

Perlu diketahui, keberadaan Badan Bahasa sebagai Lembaga yang mendapat amanah khusus dalam mengawal, mengembangkan dan memartabatkan bahasa Indonesia yang terbagi dalam empat tugas utama, yaitu pengembangan sastra, pelindungan bahasa Indonesia dan bahasa daerah, pembinaan bahasa dan sastra, serta peningkatan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional.

“Menjadi penting untuk mengabarkan kepada masyarakat apa tugas utama Badan Bahasa terutama menjelang pelaksanaan Bulan Bahasa dan Sastra yang puncaknya pada tanggal 28 Oktober mendatang,” tekan Aminudin.

Kegiatan Riung Media adalah kegiatan yang dilakukan Badan Bahasa dalam memberikan informasi kepada publik melalui media massa, dan menjadi terobosan yang dilakukan di tahun 2021. Dalam kegiatan ini para peserta dibagi ke dalam 10 Kelompok Kerja dan Layanan Pendidikan (KKLP). “Terdiri dari Badan Bahasa dan Hukum, Literasi, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Penerjemahan, Perkamusan dan Peristilahan, Pembinaan Bahasa dan Sastra, Pelindungan Bahasa dan Sastra, Pengembangan Sastra dan yang terakhir Jalinan Media,” jelas Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra, Abdul Khak.

“Harapannya, capaian kinerja serta praktik baik yang telah dilakukan oleh Badan Bahasa, bahkan sebelum tahun 2021 di bidang Bahasa dan sastra dapat tersampaikan dengan baik di masyarakat,” pungkas Aminudin.  


Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 545 /sipres/A6/IX/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 805 kali