Kembangkan Potensi Literasi bagi Pemuda, Balai Bahasa Provinsi Gorontalo Gandeng Gorontalo Post  09 Oktober 2021  ← Back

Gorontalo, 9 Oktober 2021 – Berpotensi di bidang literasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam melahirkan penulis handal, Balai Bahasa Provinsi Gorontalo melakukan kerja sama dengan Harian Gorontalo Post berupa pemuatan karya dari para penulis yang ada di wilayah Provinsi Gorontalo ke dalam Rubrik Persepsi.
 
Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan wadah hasil karya para penulis muda. Selain itu, para penulis akan mendapatkan tempat dan pembaca sehingga karya mereka dapat dinikmati oleh kalangan yang lebih luas.
 
Sebagai tindak lanjut dari kerja sama tersebut, Balai Bahasa  Provinsi Gorontalo melakukan kegiatan dengan tajuk “Kelas Menulis: Kiat Menembus Media” yang diselenggarakan pada tanggal 1-2 September 2021 secara virtual. Dalam kegiatan, turut hadir penulis Iqbal Aji Daryono sebagai narasumber.
 
Rubrik Persepsi di Harian Gorontalo Post pertama kali di gagas pada Mei 2021, dan edisi perdananya terbit pada 5 Juni 2021. Jenis tulisan yang dimuat adalah resensi buku, cerpen, puisi, dan esai. Dalam pelaksanaannya, penulis yang sudah pernah mengirimkan naskah ke redaksi Rubrik Persepsi akan dimasukkan ke dalam grup penulis yang dibentuk oleh redaksi. Di dalam grup WhatssApp ini, para penulis dan redaksi mengadakan diskusi dan membahas berbagai masalah kepenulisan.
 
Naskah yang dikirimkan ke redaksi adalah tulisan terkait bahasa dan sastra, dengan mengutamakan pada karya yang mengandung nilai dan budaya lokal. Setelah dikirim, naskah akan dibaca dan dipilah berdasarkan genre oleh redaksi kantor Balai Bahasa Provinsi Gorontalo. Selanjutnya, naskah yang terpilih akan dikirimkan ke Harian Gorontalo Post untuk dilakukan penyuntingan oleh redaksi Rubrik Persepsi dan kemudian dimuat. Penulis yang naskahnya dimuat oleh Harian Gorontalo Post akan diberikan honor oleh kantor Bahasa Provinsi Gorontalo.
 
Pada program kerja sama ini, beberapa pihak yang terlibat adalah penulis yang ada di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo, redaksi Rubrik Persepsi yang mewakili Kantor Bahasa Provinsi Gorontalo, dan redaksi Harian Gorontalo Post yang akan memuat tulisan para penulis.
 
Hingga September 2021, sejumlah penulis telah mengirimkan tulisannya ke redaksi Rubrik Persepsi. Beberapa diantaranya adalah Arif Lamusu dengan cerpen berjudul Benteng Otanaha, Rasmin Kamumu dengan puisi berjudul Sejatinya Hijrah, Sutarjo Paputungan dengan esai berjudul Menjadi Guru yang Inspirasif, La Ode Gusman Nasiru dengan resensi berjudul Perempuan Memanggil Angin.
 
Dengan besarnya minat dari para penulis muda tersebut, Balai Bahasa Provinsi Gorontalo akan terus berupaya membangkitkan semangat penulis muda di Provinsi Gorontalo dengan mengadakan kegiatan lainnya secara virtual berupa pembinaan dengan menghadirkan penulis kreatif sebagai narasumber.
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2232 kali