Membangun Ekosistem Kewirausahaan bagi Siswa Melalui FIKSI  12 Oktober 2021  ← Back



Bandung, Kemendikbud ---  Tahun ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menyelenggarakan Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) secara daring untuk jenjang SMA/MA dan SMK. FIKSI 2021 merupakan tahun keenam penyelenggaraan FIKSI untuk jenjang SMA/MA. FIKSI SMA 2021 mengusung tema "Dare to Start; Create the Future! Jejaring Cerdas untuk Masa Depan yang Tangguh”. Namun untuk jenjang SMK, tahun ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan FIKSI setelah vakum selama empat tahun. FIKSI SMK 2021 mengangkat tema "Vokasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Persaingan Global".
 
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, membuka FIKSI 2021 melalui video virtual pada Selasa (12/10). Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi terhadap para siswa yang terus berjuang dan bersemangat belajar dalam membangun ekosistem kewirausahaan yang positif. "Generasi saat ini harus maju, untuk itu kalian harus paham apa itu entrepreneurship karena pasar kita terus berkembang sampai tahun 2045. Perkembangan dunia yang bergerak dengan cepat harus disikapi dengan sikap yang tepat," kata Suharti.
 
Dalam menghadapi ekonomi dan industri 4.0, para generasi muda diharapkan memilki pola pikir adaptif dan mampu mempelajari hal baru secara cepat. Selain itu, kreativitas juga diharapkan mampu mendorong transformasi ekonomi Indonesia. “Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia akan menjadi langkah awal kalian berkarya, berkreasi, berinovasi, dan berwirausaha,” ujarnya.
 
Kepintaran, keberanian, dan kebijaksanaan, kata Suharti, merupakan perpaduan yang tidak dapat dilepaskan. "Kepintaran tidaklah cukup dalam berwirausaha. Keberanian dan kebijaksanaan menjadi hal yang sama pentingnya dalam memutuskan sesuatu, termasuk berani dalam mengambil risiko dan berani mengambil peluang. Memadukan keduanya akan memberikan kesempurnaan untuk maju dan berkembang," tutur Suharti.
 
Ia optimis bahwa FIKSI merupakan jembatan bagi para siswa untuk menjadi wirausaha yang sukses, produktif, dan berkarakter sehingga dapat membawa perekonomian bangkit kembali. "Dalam FIKSI ini kalian dapat mengejar mimpi dan menjadi wirausahawan yang produktif dan berkarakter," ujarnya. (Devy Putri P./Desliana M.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2092 kali