Mendikbudristek: Santri Indonesia Luar Biasa  22 Oktober 2021  ← Back

Kediri, 21 Oktober 2021 --- Pada saat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) diterima langsung oleh Dewan Pengasuh Pesantren Lirboyo, yaitu KH. Anwar Manshur, KH. Abdullah Kafabihi Mahrus, KH. Zamzami Mahrus, dan KH. An'im Falahudin Mahrus.

Mendikbudristek juga diminta menyapa para santri yang sedang melakukan istigasah. Momen itu digunakannya untuk mengucapkan selamat kepada para santri atas peringatan Hari Santri Nasional.

"Ini saya, Mendikbudristek Nadiem Makarim dari pesantren Lirboyo mengucapkan selamat Hari Santri. Luar biasa sekali generasi masa depan kita,” kata Menteri Nadiem disambut gembira para santri Pesantren Lirboyo, Kediri, Kamis (21/10).

“Nanti kalau kalian sukses, jangan lupa kepada saya, ya. Santri Indonesia tidak kalah berprestasi dari murid-murid lainnya,” imbuh Menteri Nadiem memotivasi para santri.

Ditambahkan Menteri Nadiem, dengan berkunjung ke pondok pesantren, ia bisa banyak belajar untuk mengetahui cara ponpes menghadirkan generasi penerus bangsa yang berkarater kuat.

“Di sini tidak ada tawuran dan tindak kekerasan karena pendidikan di ponpes berfokus pada akhlak. Dari pagi sampai malam fokusnya adalah bagaimana perilaku yang baik kepada sesama santri dan orang di sekitarnya. Itu luar biasa,” tuturnya.

Selanjutnya, rombongan kunjungan kerja bergerak ke Pesantren Al Falah, Ploso, Kediri. Di sini, Menteri Nadiem diterima oleh pengasuh pesantren yakni KH. Nurul Huda Djazuli dan KH. Muhammad Abdurrahman Al Kautsar.

Tak hanya berdialog mengenai sistem pendidikan di pesantren dan pendidikan karakter, Mendikbudristek juga melakukan tapak tilas pengalaman masa kecilnya saat berkunjung ke Pesantren Al Falah Ploso.

Ternyata, Pesantren Al Falah Ploso menyisakan kenangan tersendiri bagi Menteri Nadiem. Sebab, saat kecil, ia pernah diajak ayahnya menginap di pondok tersebut selama tiga hari. "Luar biasa perasaan saya. Pesantren itu membawa keberuntungan bagi saya karena sekarang saya bisa kembali ketika menjabat sebagai menteri. Itu momen personal yang spesial buat saya,” ungkap Menteri Nadiem.





 

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id                        
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
Sumber : SIARAN PERS Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 628/sipres/A6/X/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 783 kali