Museum Benteng Vredeburg Kembali Dibuka untuk Masyarakat  28 Oktober 2021  ← Back

Yogyakarta, 28 Oktober 2021 --- Seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 yang mulai terkendali, Museum Benteng Vredeburg mulai dibuka untuk masyarakat pada Senin (25/10/2021) kemarin. Masyarakat juga mulai berkunjung ke museum yang terletak di jantung kota Yogyakarta tersebut. Museum dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah pengunjung.

Kepala Museum Benteng Vredeburg, Suharja mengatakan kunjungan di hari pertama pembukaan museum berjumlah 98 pengunjung. Di hari kedua, Museum Benteng Vredeburg dikunjungi 120 orang. Hal itu menunjukkan kerinduan masyarakat untuk kembali mengunjungi dan belajar di museum.

"Pengunjung terdiri dari warga Yogyakarta dan sebagian lagi pengunjung luar kota. Dapat diartikan masyarakat sudah mengapresiasi publikasi  yang sudah dilakukan museum, informasi pembukaan museum sudah sampai ke masyarakat luas,” Imbuh Suharja.

Suharja menambahkan tentang pemanfaatan media sosial untuk saling berbagi informasi dirasa sangat efektif. Ia menambahkan bahwa ada kegiatan yang akan melibatkan 100 orang pemangku kepentingan dalam kegiatan ulang tahun Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta yang jatuh pada 23 November nanti.

Salah seorang edukator Museum Benteng Vredeburg, Gunawan Haji mengatakan semangat baru memasuki kehidupan normal baru seirama dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, ditandai dengan kembali dibukanya layanan kunjungan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Pegawai pengelola benteng sudah kembali masuk kerja 100% dengan sistem bekerja dari kantor dan sistem piket. "Semangat Sumpah Pemuda dapat kita terapkan sebagai aparatur sipil negara atau ASN untuk menyemangati dalam rangka pengabdian pada Nusa dan Bangsa, kita sebagai pihak yang melayani masyarakat," kata Gunawan Haji. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2083 kali