Pertemuan Dewan Pembina Ke-4 SEAMEO CECCEP Galang Rekomendasi Program Tahunan  16 Oktober 2021  ← Back

Bandung, 15 Oktober 2021 --- Southeast Asian Ministers of Education Organization Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) menyelenggarakan 4th Governing Board Meeting (Pertemuan Dewan Pembina Ke-4). Acara ini dihadiri oleh 11 Dewan Pembina pada Perwakilan Kementerian Pendidikan di Asia Tenggara pada tanggal 13 – 15 Oktober 2021. Governing Board Meeting merupakan pertemuan yang dilaksanakan setiap tahun untuk mendapatkan bimbingan dan arahan dari Governing Board Member terkait pelaporan pelaksanaan program tahun 2020 – 2021 dan pengajuan usulan/rekomendasi program tahun 2021 – 2022 bagi SEAMEO CECCEP dalam menentukan arah program tahunan.

SEAMEO CECCEP mempunyai mandat untuk meningkatkan komitmen regional dan global pada pendidikan anak usia dini (PAUD) dan parenting. Mandat ini diiringi dengan komitmen SEAMEO CECCEP dalam menjalankan program utamanya yaitu penyelenggaraan penelitian yang menunjang advokasi dan peningkatan kapasitas serta peningkatan sumber daya manusia di Asia Tenggara dalam bidang PAUD dan parenting.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anang Ristanto yang hadir secara daring mengatakan, “Kegiatan ini sangatlah penting bagi SEAMEO CECCEP untuk menyampaikan kegiatan yang telah dilakukan dan mendapatkan rekomendasi dari pada Dewan Pembina atas program yang direncanakan pada tahun yang akan datang.”

Anang Ristanto menjelaskan bahwa dukungan dari pemerintah akan terus diberikan dalam pelaksanaan program dari SEAMEO CECCEP sebagai center yang berfokus pada pendidikan anak usia dini dan parenting. “Sebagai salah satu center yang berfokus pada bidang pendidikan, SEAMEO CECCEP diharapkan juga dapat memberikan masukan pada kebijakan dan mendukung berbagai program pemerintah,” tambahnya sekaligus membuka acara secara resmi.

Selanjutnya, Direktur SEAMEO CECCEP, Dwi Priyono mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh Governing Board Member yang hadir pada kegiatan ini dan memberikan ucapan selamat kepada Dewan Pembina yang baru dari Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Myanmar.

“Kegiatan the 4th SEAMEO CECCEP Governing Board Meeting dilakukan sebagai sebuah wadah untuk menjalin silaturahmi bagi seluruh staf SEAMEO CECCEP, seluruh Dewan Pembina SEAMEO CECCEP, serta para mitra terkait untuk mendapatkan persetujuan serta menginformasikan mengenai program SEAMEO CECCEP 2020/2021 dan program baru yang akan diusulkan oleh SEAMEO CECCEP di tahun mendatang,” ujar Dwi.

Pada kesempatan yang sama, Director of SEAMEO Secretariat, Ethel menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun ini SEAMEO CECCEP telah melakukan banyak hal dalam mendukung tercapainya SDG’s Goals 4 yakni memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar bagi semua, secara khusus mengenai pendidikan anak usia dini dan parenting.

“Saya sampaikan apresiasi yang besar atas ragam capaian yang telah dilaksanakan oleh SEAMEO CECCEP, seperti pelaksanaan riset, online webinar dengan berbagai tema dan mengundang pakar-pakar sebagai narasumber, dan pelatihan yang dilaksakan secara online meskipun dalam kondisi pandemi saat ini,” ucapnya.

Para pakar, akademisi, dan praktisi di bidang PAUD dan parenting yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Direktur PAUD, Muhammad Hasbi, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD, Santi Ambarrukmi, serta Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Poppy Dewi Puspitawati.

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 610/sipres/A6/X/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 649 kali