Guru Penggerak di Kalimantan Ikuti Gebyar Festival Literasi dengan Karya Tulis Ilmiah  25 November 2021  ← Back



Bandung, Kemendikbudristek --- Sebanyak 115 guru dari Pulau Kalimantan mengikuti Gebyar Festival Literasi (Filtrasi) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA). Gebyar Filtrasi Guru Penggerak berlangsung pada tanggal 22 s.d. 24 November 2021 di Bandung, Jawa Barat. Peserta sebagian besar merupakan guru penggerak dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA, yang berasal dari berbagai kota/kabupaten di Pulau Kalimantan, yaitu Kabupaten Kapuas, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Pontianak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah, dan Kabupaten Tanah Laut.
 
Gebyar Filtrasi Guru Penggerak Angkatan 1 Kalimantan merupakan salah satu kegiatan peningkatan kompetensi dan pemberdayaan bagi guru IPA yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2021. Kegiatan ini memberikan dukungan kepada kabupaten/kota sasaran pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1, sekaligus memberikan dorongan kepada upaya pemberdayaan Komunitas Guru Penggerak.
 
Kegiatan diawali dengan penyelenggaraan ToT bagi perwakilan pendamping dan Guru Penggerak Angkatan 1 yang selanjutnya melakukan diseminasi kepada rekan-rekan guru lainnya di kabupaten/kota masing-masing. Peserta
diseminasi melakukan tindak lanjut berupa penyusunan Karya Tulis Ilmiah berbasis penelitian program pembelajaran yang berorientasi pada perwujudan Profil Pelajar Pancasila. 
 
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) mendukung publikasi Karya Tulis Ilmiah guru peserta diseminasi melalui penyelenggaraan Gebyar Filtrasi Guru Penggerak. Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota masing-masing sebagai peserta observer.
 
Gebyar Filtrasi Guru Penggerak dibuka oleh Kepala PPPPTK IPA, Enang Ahmadi. Dalam sambutannya, Enang mengapresiasi karya tulis ilmiah yang dihasilkan oleh seluruh peserta, dan berharap hasilnya dapat dipublikasikan secara luas dan mudah dapat diakses oleh guru-guru lainnya. Ia juga berpesan agar para Guru Penggerak Angkatan 1 terus mempertahankan gerakannya. “Seperti dalam Hukum Kelembaman, benda yang bergerak akan cenderung terus mempertahankan gerakannya,” katanya saat pembukaan Gebyar Filtrasi Guru Penggerak di Bandung, Selasa (23/11/2021).

Dalam kegiatan ini, peserta juga mendapatkan penguatan materi dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Penguatan Karakter, Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D. tentang Penguatan Karakter Peserta Didik Berdasarkan Profil Pelajar Pancasila.   Kemudian ada sesi materi juga dari Koordinator Pokja Pendidikan Guru Penggerak (PGP), Dr. Kasiman, S.Pd., M.M. tentang Arah pengembangan PGP dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berorientasi Profil Pelajar Pancasila.

Seluruh peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Satu peserta terpilih dari masing-masing kabupaten/kota mendapatkan piagam penghargaan dari Kepala PPPPTK IPA sebagai bentuk apresiasi atas karya inspiratif yang dihasilkannya.

Dari 115 peserta, terpilih sembilan guru untuk menerima piagam penghargaan atas karya tulis ilmiahnya. Daftar nama guru yang menerima penghargaan tersebut bisa dilihat pada daftar di bawah ini. (Desliana Maulipaksi)

Unduh Piagam Penerima Apresiasi Karya Inspiratif di sini.






Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3816 kali