Mendikbudristek Minta Doa Gurunya Agar Bisa Membangun Pendidikan di Indonesia  26 November 2021  ← Back

Jakarta, 26 November 2021 --- Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2021 yang berlangsung, Kamis (25/11), menyisakan kesan tersendiri tak hanya bagi para guru, tetapi juga bagi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Selain bisa bersilaturahmi dengan guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia, Menteri Nadiem juga berkesempatan untuk bernostalgia dengan tiga orang guru masa kecilnya dari SD Al Izhar, Pondok Labu, Jakarta.

“Wah, saya senang sekali, sudah berapa lama, ya, kita tidak bertemu? Sepertinya sejak umur (saya) 12 (tahun), ya?” tanya Mendikbudristek yang terkejut ketika dipertemukan dengan guru-guru Sekolah Dasar (SD)-nya pada Puncak Acara HGN 2021 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Langsung dijawab oleh Anwar Ahmad, guru kelas VI Nadiem, “25 tahun!”

Tak banyak yang tahu, bagaimana sosok Mendikbudristek di masa lalu. Ternyata ia adalah sosok yang ceria, menyenangkan, dan sangat kritis. Itulah kesan yang paling membekas tentang Nadiem di mata guru-gurunya.

Menurut Anwar, banyak pertanyaan menarik yang tak terduga disampaikan Nadiem kecil kala itu. “Tapi itu membuat kami para guru belajar lagi. Biasanya, saya ajak Nadiem untuk bersama-sama mencari jawabannya di perpustakaan sekolah,” ungkapnya.

Saat berbincang di atas panggung bersama tiga guru SD-nya, Menteri Nadiem kembali dikejutkan dengan foto-fotonya bersama teman-teman sekolahnya yang ditampilkan di layar.

Jika ada hal yang selalu diingat Mendikbudristek hingga kini adalah kegigihan guru-gurunya dalam mendidik dan selalu memberi ruang baginya untuk berekspresi. Di situlah Nadiem kecil merasa dihargai sebagai seorang siswa.

“Karena banyak guru-guru yang kalau anaknya banyak nanya, justru tidak suka. Trus dituduh tidak pintar, atau malah mereka jadi frustasi sama anaknya,” kata Nadiem.

Bahkan, karena seringnya bertanya di kelas, Menteri Nadiem mengaku sempat dituduh terlalu banyak bertanya. Namun, guru Sakinah beralasan Nadiem kecil gemar bertanya karena berani mengajukan berbagai ide dan inovasi baru yang sangat menarik.

“Saya selalu gemas dengan tampilannya (Nadiem) yang selalu ceria, cemerlang, dan tidak pernah berwajah sedih,” kenang perempuan yang biasa dipanggil Ina ini.

Melihat Nadiem sekarang menjadi Mendikbudristek, tidak membuat heran guru Anggerina Nutriana. Sejak dulu, karakter kepemimpinan itu melekat pada diri Nadiem Anwar Makarim. “Itu sudah terlihat sejak di kelas III,” ungkap guru yang biasa dipanggil Bu Nina itu.

Lebih lanjut, Bu Nina mengatakan, saat duduk di bangku kelas III, bakat Nadiem bernegosiasi sudah terlihat. Ceritanya saat itu ada kegiatan donor darah di sekolah tapi tidak ada satupun guru kelas III yang mendonor. Nadiem kecil membujuk Bu Nina untuk mau mendonorkan darahnya.  Meski harus bernegosiasi dengan tim medis, Nadiem tak menyerah hingga akhirnya Bu Nina saat itu diizinkan untuk menjadi pendonor.

Menteri Nadiem berterima kasih atas bimbingan dan pendidikan di masa kecilnya yang menjadi modal baginya di masa depan. “Terima kasih atas jasa-jasa Bapak dan Ibu mendidik saya dan mentolerir segala kekurangan saya. Doakan saya, semoga saya bisa berkontribusi bagi dunia pendidikan,” pinta Nadiem pada ketiga gurunya.

“Mudah-mudahan berhasil ya,” sambung Bu Nina.

Bagi Mendikbudristek, mengenang masa lalu, mengingat dari mana ia bertemu dengan guru-guru masa kecilnya ataupun saat ia berjumpa dan berdiskusi dengan guru-guru honorer atau guru penggerak, telah menjadi pendorong untuk mewujudkan kemerdekaan dalam belajar. “Mengenang masa lalu saya, melihat dari mana kita datang, melihat guru-guru yang menyentuh kita selama hidup kita, itulah alasan utama kami (bekerja) di Kemendikbudristek,” kata Nadiem.

“Ini adalah misi yang terpenting sekarang. Bukan misi pemerintahan tapi misi gerakan, yaitu misi Merdeka Belajar,” tutup Menteri Nadiem.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id            
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#MerdekaBelajar
#BergerakDenganHati
#DemiKemajuan
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 735/sipres/A6/XI/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 655 kali