Sukseskan PSP, LPMP Kalsel Gelar Forum Pemangku Kepentingan Daerah Angkatan I  10 November 2021  ← Back

Banjarmasin, 10 November 2021 --- Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan “Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021”. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan menjamin tercapainya tujuan Program Sekolah Penggerak (PSP).

“Forum Pemangku Kepentingan (FPK) merupakan kegiatan diskusi sebagai upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di masing-masing satuan pendidikan,” jelas Kepala LPMP Kalimantan Selatan, Yuli Haryanto (8/11). FPK sendiri rencananya akan dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan setiap satu semester.

Terdapat 49 sekolah di provinsi Kalimantan Selatan yang tersebar di tiga kabupaten/kota menjadi pelaksana PSP angkatan 1, yaitu: Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kotabaru. Sedangkan, terdapat 19 sekolah pelaksana PSP di kota Banjarmasin, dengan rincian, yaitu: tiga sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 10 Sekolah Dasar (SD), tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan tiga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 162/M/2021 tentang Program Sekolah Penggerak, diperlukan penyelenggaraan program sekolah penggerak sebagi model satuan pendidkan bermutu. PSP merupakan upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar pancasila.

Secara mendetil, Kepala LPMP menjelaskan tujuan pelaksanaan FPK daerah satu PSP angkatan pertama ini yakni agar para pemangku kepentingan mampu merefleksikan capaian kemajuan pendidikan di daerahnya pada akhir semester. Selain itu, agar pemangku kepentingan memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya melalui berbagai peran serta saling berinteraksi dan berkolaborasi.

Pada angkatan pertama, FPK dilaksanakan di kota Banjarmasin. Peserta yang hadir merupakan perwakilan dari pengawas pembina sekolah, kepala sekolah, guru, orang tua (komite), dan siswa perwakilan Sekolah Penggerak. Mereka berjumlah 56 orang.

Selain itu, hadir pula Walikota Banjarmasin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, serta Kepala Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Kalimantan Selatan. Tak ketinggalan, fasilitator kegiatan yang merupakan Pelatih Ahli (PA) PSP tahap I untuk kota Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan yang berjumlah 13 orang, serta PA kegiatan ini empat orang.  

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id    
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#SerentakBergerak
#MerdekaBelajar
#VokasiKuatMenguatkanIndonesia
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 688/sipres/A6/XI/2021

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 794 kali