Bahasa, Budaya dan Inovasi, Tema Besar Partisipasi Kemendikbudristek di Expo 2020 Dubai  13 Desember 2021  ← Back



Dubai, Kemendikbudristek --- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut ambil bagian dalam perhelatan pameran terbesar dunia, Expo 2020 Dubai, di Dubai, Persatuan Emirat Arab. Sesuai jadwal, Kemendikbudristek mengisi paviliun Indonesia pada minggu ke 11, tanggal 10-16 Desember 2021, dengan membawa materi utama, bahasa, budaya, dan inovasi.
 
Keikutsertaan Kemendikbudristek dalam perhelatan ini ditandai dengan penampilan tari-tarian yang diiringi alat musik tradisional angklung, suling, dan juga gendang yang dipadukan dengan nuansa musik modern. Pertunjukan yang dibawakan oleh tiga orang perwakilan dari Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Bandung, Jumat, (10/12) ini, berhasil menarik perhatian pengunjung yang saat itu sedang berkeliling di lokasi pameran. Di tempat yang sama, tim Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek mengenalkan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada pengunjung pameran.
 
Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti, menyampaikan bahwa keikutsertaan Kemendikbudristek pada Expo 2020 Dubai diharapkan dapat menarik minat pengunjung untuk datang ke paviliun Indonesia, bahkan datang langsung ke Indonesia, baik sekadar untuk berwisata, berbisnis, bahkan untuk mengenyam pendidikan. Gelaran pameran ini, kata Suharti, dirasa sangat tepat dijadikan ajang promosi, mengingat ada 192 negara yang berkumpul dan berpartisipasi.
 
“Expo 2020 Dubai merupakan momentum yang luar biasa karena ajang ini dapat menjadi jendela untuk memperkenalkan pendidikan, kebudayaan, dan bahasa Indonesia ke mata dunia,” tutur Suharti, di Jakarta, (10/12).
 
Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Kemendikbudristek, Anang Ristanto, mengatakan, penampilan kreasi musik dari ISBI Bandung di Expo 2020 Dubai merupakan salah satu wujud implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kreativitas untuk memadukan berbagai alat musik tradisional yang dimainkan dalam nuansa modern tersebut menunjukkan kemerdekaan berekspresi bagi sivitas akademika untuk mengembangkan ilmu musik dalam spektrum yang lebih luas.
 
“MBKM memberi ruang bagi kreativitas mahasiswa maupun dosen untuk tidak hanya terpaku pada pakem yang sudah ada. Kebijakan ini memberi keleluasaan agar ilmu pengetahuan dan budaya dapat berkembang dan lebih maju,” ujar Anang.
 
Anang berharap, partisipasi ISBI Bandung dalam ajang Expo 2020 Dubai dapat merangsang mahasiswa dan perguruan tinggi lainnya untuk dapat terus berkreasi dan mengembangkan diri. Selain itu, lanjut Anang, melalui pameran ini pula, Kemendikbudristek membuka diri untuk pertukaran mahasiswa dengan mahasiswa asing.
 
Selain penampilan musik dan tari dari ISBI Bandung yang dapat disaksikan secara langsung di paviliun Indonesia, Kemendikbudristek juga menampilkan video dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), yang berisi inovasi dan karya perguruan tinggi tersebut. Ada pula video penampilan seni dan budaya dari ISBI, serta video mengenai Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), yang juga dapat disaksikan oleh pengunjung yang datang.
 
Expo 2020 Dubai merupakan rangkaian dari World Expo, yaitu ajang ketiga terbesar di dunia setelah Olimpiade dan Piala Dunia. Setelah sempat tertunda di tahun 2020 akibat pandemi, perhelatan ini akhirnya digelar pada Oktober 2021 hingga Maret 2022. Tercatat 192 negara dari berbagai penjuru dunia berpartisipasi dalam World Expo yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini.
 
Paviliun Indonesia menghadirkan tema berbeda setiap minggu selama Expo 2020 Dubai berlangsung. Mengusung tema “Creating the Future, From Indonesia to The World”, Paviliun Indonesia diramaikan oleh keikutsertaan kementerian, lembaga, pemerintah provinsi, brand Indonesia yang sudah mendunia, dan juga Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM).
 
Lebih dari 300 produk UMKM siap ekspor termasuk komoditas, kerajinan tangan, interior, tekstil hingga produk fesyen dipamerkan di Expo 2020 Dubai. Produk lokal tersebut merupakan kebanggaan yang berasal dari keberagaman budaya dan kearifan lokal Indonesia dan di Pameran Warisan Nusantara di Paviliun Indonesia. Hingga saat ini, Paviliun Indonesia yang telah dikunjungi oleh lebih dari 400.000 pengunjung. (Anang Kusuma)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4601 kali