Menutup tahun 2021, KBRI Paris Gelar Temu Virtual Dubes Sapa Sobat BIPA di Prancis  16 Desember 2021  ← Back



Paris, 15 Desember 2021 ---  Duta Besar Republik Indonesia di Paris, Mohamad Oemar, yang baru saja mengawali tugasnya awal Desember ini, menyapa Penutur Asing Bahasa Indonesia melalui bincang-bincang virtual lewat aplikasi video konferensi. Acara yang bertema Dubes Menyapa Sobat BIPA ini diawali dengan pemutaran video destinasi wisata Indonesia, Selasa (14/12). Para penutur asing Bahasa Indonesia yang berasal dari berbagai penjuru Prancis berkumpul secara daring.
 
Dubes Oemar, dalam acara ini, menyambut para peserta yang datang dari berbagai latar belakang usia dan pekerjaan. Peserta yang hadir merupakan peserta aktif dan alumni Kelas Bahasa Indonesia yang diselenggarakan KBRI Paris, baik yang kelasnya berlokasi di Gedung KBRI dan di Université Savoie Mont Blanc, serta para pengajar Bahasa Indonesia. 
 
Usai berkenalan dengan para penutur asing Bahasa Indonesia di Prancis, pada kesempatan yang sama, Dubes Oemar secara resmi menutup Kelas BIPA semester dua yang telah berlangsung sejak awal September sampai November lalu di KBRI. Dalam acara penutupan tersebut, diumumkan juga peserta terbaik dari setiap kelas yang ditentukan oleh hasil evaluasi mereka selama belajar di kelas. 
 
“Saya bangga dan senang atas antusiasme peserta BIPA. Saya harap, Anda selalu semangat belajar Bahasa Indonesia dan suatu saat nanti dapat berkunjung ke Indonesia setelah krisis kesehatan ini berakhir,” tutur Dubes Oemar yang juga memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada peserta terbaik untuk tiap kelas.
 
Dubes juga mengucapkan terima kasih kepada para pengajar yang merupakan ujung tombak KBRI dan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan pengetahuan Bahasa Indonesia. “Para pengajar adalah bagian penting dari Duta Indonesia untuk memperkenalkan tidak hanya Bahasa Indonesia, namun Indonesia secara keseluruhan kepada Warga Prancis lainnya,” tutur Oemar.
 
Merespons hal tersebut, para peserta BIPA mengapresiasi kegiatan ini. Frédérique Vivet, salah seorang peserta BIPA di kelas mahir menyampaikan rasa senangnya belajar Bahasa Indonesia, karena sangat membantu penguasaan Bahasa Indonesia yang dipelajari di kampus.
 
Peserta lainnya, Agathe Bossard mengatakan, “Saya beruntung atas kesempatan yang diberikan KBRI kepada kami untuk mempelajari bahasa Indonesia yang sangat indah ini. Saya juga berharap dapat melanjutkan pelajaran pada sesi berikutnya.”
 
Jean-Pierre Goudard, peserta jenjang menengah sekaligus praktisi seni budaya, dalam penuturan berbahasa Indonesia yang masih terbata-bata, juga memberikan ucapan selamat datang di Prancis kepada Dubes Oemar. “Saya merasa senang dapat belajar Bahasa Indonesia karena sebagai pintu masuk mengenal budaya Indonesia yang sangat banyak,” ucap Jean-Pierre yang mengaku bersemangat melancarkan Bahasa Indonesianya.  
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Paris, Warsito menyampaikan bahwa tiap tahun KBRI Paris menyelenggarakan dua semester Kelas BIPA. “Kegiatan hari ini juga sebagai penutup kelas BIPA di semester 2 tahun 2021. Pendaftaran Kelas BIPA untuk semester 1 tahun 2022 akan dibuka mulai minggu kedua bulan Januari, untuk semua jenjang kemahiran,” jelas Warsito.
 
Tahun 2021 ini, diuraikan Warsito, jumlah peserta Kelas BIPA di KBRI Paris sebanyak 268 peserta yang yang terbagi dalam tiga tingkatan kemahiran, yakni: pemula, menengah, dan mahir. “Selain itu KBRI Paris juga menyelenggarakan 1 kelas BIPA di Universite Savoie Mont Blanc untuk pertama kalinya di tahun ini yang diikuti sebanyak 25 peserta, dan nantinya akan rutin diselenggarakan,” pungkas Atdikbud Warsito.*** (Atdikbud Paris/ Lydia Agustina/ Seno Hartono).


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4790 kali