Pemerintah Apresiasi Komitmen Pemprov Sumatera Selatan Dalam Majukan Pendidikan dan Kebudayaan  19 Desember 2021  ← Back



Palembang, 18 Desember 2021 --- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama DPR RI memberikan apresiasi atas komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam memajukan Pendidikan dan Kebudayaan di daerah tersebut. Hal tersebut dilakukan dalam kunjungan kerja Komisi X DPR RI masa reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022, ke Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (17/12).
 
“Kami apresiasi atas komitmen Pemerinta Provinsi Sumatera Selatan dalam memajukan pendidikan dan kebudayaan,” tutur Direktur Sumber Daya Manusia, Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek, Mohammad Sofwan Effendi, saat menghadiri kunjungan kerja Komisi X DPR RI tersebut, di kantor Gubernur Sumatera Selatan.
 
Pada kesempatan ini ketua rombongan kunjungan kerja Komisi X DPR RI masa reses Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022, ke Provinsi Sulawesi Selatan, yang juga Wakil Ketua Komisi X, H. Abdul Fikri Faqih mengatakan dalam kunjungan kerja ke provinsi tersebut ingin Mendapatkan masukan berupa data faktual pelaksanaan dan perkembangan pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga dan perpustakaan, di Provinsi Sumatera Selatan. Selanjutnya, ia juga ingin mendapatkan masukan terkait pokok-pokok substansi pembangunan nasional yang dapat dijadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi Komisi X DPR RI.
 
“Kami juga ingin memantau secara langsung implementasi rekomendasi beberapa Panja Pengawasan Komisi X DPR RI, kendala dan permasalahannya, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pengambilan kebijakan selanjutnya,” tutur Abdul Fikri.
 
Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, H. Mawardi Yahya, menyambut baik kunjungan kerja Komisi X DPR RI dan Kemendikbudristek, serta perwakilan kementerian mitra kerja Komisi X DPR RI lainnya. Ia juga memberikan apresiasi atas kunjugan kerja tersebut, “Saya menyambut baik kunjungan kerja Komisi X DPR RI bersama kementerian mitra. Semoga acara ini dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat, dan informasi yang didapatkan nantinya dapat bermanfaat.”
 
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, kata Mawardi Yahya, berkomitmen penuh pada sektor pendidikan dan kebudayaan, pariwisata, perpustakaan, serta pemuda dan olahraga. Salah satu upaya meningkatkan pendidikan di daerahnya, kata Mawardi Yahya, ia bersama jajarannya terus mendorong minat baca masyarakat. “Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan merupakan inisiator pertama Duta Literasi Provinsi di Indonesia, dan juga sebagai pelopor pertama yang melaksanakan kegiatan Festival Literasi sebagai salah satu media kampanye untuk meningkatkan Indeks Literasi Masyarakat,” terangnya.
 
Pada sektor kebudayaan, Mawardi Yahya mengatakan sektor tersebut dijadikan simbol masyarakat yang mancakup hasil cipta dan karya manusia. “Untuk mendukung itu, program Pemerintah Sumsel adalah setiap kantor harus bisa menampilkan budaya daerah, seperti gerbang berbentuk tanjak, mempromosikan produk khas Sumsel, bekerja sama dengan setra kriya Sriwijaya sebagai destinasi maupun pusat oleh-oleh bagi wisatawan,” jelasnya.
 
Tilik Sentra Pendidikan dan Kebudayaan di Provinsi Sumatera Selatan
 
Pada kesempatan ini, Kemendikbudristek bersama Komisi X DPR RI mengunjungi SMK Negeri 2 Palembang. Dalam kunjungan tersebut melihat beberapa sentra di sekolah tersebut, seperti bengkel Teknik kendaraan ringan, bengkel teknik pemesinan ruang praktik dan laboratorium. “Fasiltas yang tersedia sangat baik. Manfaatkan dengan baik dan tingkatkan,” pesan  Abdul Fikri.
 
Menanggapi hasil kunjungan ke SMK Negeri 2 Palembang, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sumatera Selatan, Suyato mengatakan dengan hadirnya Komisi X DPR RI bersama Kemendikbudristek di Provinsi Sumatera Selatan memberikan harapan besar bagi para pegiat pendidikan di daerah tersebut. “Dari kunjungan ini pun memberikan motivasi bagi para pegiat pendidikan. Kehadiran Pemerintah bersama DPR RI dapat mendengarkan langsung aspirasi masyarakat, dan memberikan harapan atas kemajuan pendidikan di Sumatera Selatan,” terangnya.
 
Usai mengunjungi SMK Negeri 2 Palembang, Kemendikbudristek bersama Komisi X DPR RI melakukan tinjauan ke Museum Negeri Provinsi Sumatera Selatan. Dalam kunjungan budaya ke museum tersebut, kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi, Agus Widiatmoko, memiliki nilai penting bagi pemajuan kebudayaan di Provinsi Sumatera Selatan.
 
“Pemerintah bersama DPR RI dapat menyerap aspirasi dan memberikan motivasi, berdialog, dan mendengar langsung suara publik terhadap pemajuan kebudayaan. Baik suara pelaku, pemerhati, seniman, budayawan, komunitas budaya, dan aparatur pemerintah yang mengemban tugas sebagai fasilitator mendorong masyarakat dalam memajukan kebudayaan dan nilai-nilai budaya lokal,” tutur Agus. (Seno)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4561 kali