Dukung Indonesia Sebagai Presidensi G20, PPI Jepang Gelar Dialog Perubahan Iklim dan Ekonomi Hijau  24 Januari 2022  ← Back



Tokyo, 24 Januari 2022 --- Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang menggelar Dialog Interaktif bertema Perubahan Iklim Dunia dan Green Economy: Peluang dan Kesiapan Indonesia Sebagai Presidensi G20, Sabtu (22/1). Dialog daring ini menghadirkan dua narasumber yang kompeten dalam kaitan dengan perubahan iklim dunia dan transisi energi, yakni Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Emma Rachmawati dan Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana.
 
Acara juga diramaikan oleh empat orang pembahas muda yang energik sebagai pemantik diskusi, yaitu Agus Sari dari Landscape Indonesia, Fitra Miftahadi selaku Mahasiswa Program Magister di Kitakyushu University, Mahtuf Ikhsan dari Ernst & Young Jerman, dan Ristika Putri dari asosiasi pemerintah kabupaten bernama Lingkar Temu Kabupaten Lestari.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Yusli Wardiatno, dalam pidato pembukaannya pada acara ini menyampaikan apresiasi kepada PPI Jepang atas gagasan cerdasnya menghasilkan diskusi bermakna ini. Atdikbud Yusli juga mengemukakan beberapa program dan inisiatif yang telah dilakukan KBRI Tokyo terkait kepemimpinan Indonesia pada forum internasional G20.
 
“Dialog interaktif ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kaum muda pelajar Indonesia di Jepang terhadap isu terkini. Saya sangat berterima kasih karena PPI Jepang senantiasa aktif dalam berkontribusi terhadap kemajuan bangsa. Pemilihan tema tepat waktu dan sejalan dengan program KBRI Tokyo yang fokus pada tiga bidang, yakni: kesehatan, transisi energi dan transformasi digital,” terang Yusli.
 
Diuraikan Atdikbud Yusli, dialog berlangsung hangat seiring dengan komentar dan pertanyaan dari para pemantik diskusi yang disambut penjelasan oleh para nara sumber. Emma Rachmawati menyampaikan banyak hal dan program terkait kesiapan Indonesia dalam mencapai target emisi nol (zero emission). Hal tersebut diperkuat paparan Dadan Kusdiana mengenai peta jalan Indonesia dalam proses transisi energi menuju karbon netral.
 
Hasil diskusi antara narasumber dan pemantik diskusi selanjutnya akan menjadi bahan bagi PPI Jepang untuk dituliskan dalam sebuah tulisan dan akan disampaikan kepada pemangku kepentingan terkait.*** (Atdikbud Tokyo/ Lydia Agustina/ Seno Hartono)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3139 kali