Ketua dan Anggota Dewan Kota Meguro Kunjungi Sekolah RI Tokyo  14 Januari 2022  ← Back



Tokyo, 14 Januari 2022 --- Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) menerima kunjungan kehormatan Delegasi Dewan Kota Meguro yang berjumlah 16 orang. Delegasi dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Yashuhio Onose, dan disambut oleh Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi didampingi Ibu Nuning Akhmadi, dan sejumlah pejabat KBRI, Kepala Sekolah, guru, tenaga kependidikan dan siswa-siswi SRIT, Kamis (14/1).
 
Menanggapi hal ini, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, mengaku sangat senang atas kunjungan anggota dewan Kota Meguro di SRIT, karena kedatangan delegasi tersebut cerminan kehangatan hubungan Indonesia dan Jepang yang telah terbangun sejak tahun 1958.
 
“Indonesia dan Jepang telah lama menjadi sahabat dan memiliki kerja sama dalam berbagai bidang. Kedua negara memiliki hubungan people to people, ekonomi, politik, pendidikan dan bidang lainnya. Saya berharap ke depan Dewan Kota Meguro dapat terus mendukung aktivitas siswa-siswi SRIT, misalnya dengan memberi kesempatan berkunjung ke kantor Dewan atau Walikota, atau mendorong pertukaran guru dan siswa dengan sekolah Jepang yang ada di wilayah Meguro sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran,” papar Heri dalam sambutannya.
 
Menurut Ketua Dewan Yashuhio Onose, ini adalah kunjungan pertama kali dari para angota dewan yang bersifat internasional, dan SRIT dipilih karena merupakan salah satu sekolah milik negara sahabat di wilayah Meguro yang berpotensi dalam kolaborasi pertukaran budaya.
 
Atdikbud Yusli Wardiatno yang mendampingi Dubes Heri Akhmadi berharap bahwa kunjungan semacam ini akan bisa lebih kerap dilakukan. “Misalnya kunjungan dari siswa-siswi dan guru sekolah umum Jepang ataupun institusi perkantoran di wilayah Meguro seperti kantor walikota, kepolisian, pemadam kebakaran, dan sebagainya,” ucap Yusli.
 
“Siswa-siswi SRIT dapat memanfaatkan kunjungan semacam ini untuk menambah pengetahuan dan wawasan mereka tentang Jepang dan kehidupan orang Jepang,” terang Yusli setelah Sekretaris Dewan Kanako Kobayashi menjelaskan tentang kondisi, potensi, geografi, dan demografi Kota Meguro.
 
Selain Yashuhio Onose dan Kanako Kobayashi, anggota dewan dan staf yang hadir adalah Kazuyo Iijima, Hiroyuki Miyazawa, Kazuhiro Kaiden, Kenji Tajima, Nobuaki Kawahara, Mayu Tazoe, Rie Kamoshida, Chiho Nishimura, Masashi Suzuki, Yoko Kono, Yutaka Sato, Masami Ueda, Ibu Akemi Tabuchi dan Koja Fujikawa.  Acara berlangsung hangat dan dilengkapi penampilan seni budaya Indonesia oleh siswa-siswi SRIT. Selain itu, delegasi dewan juga diberi pengalaman memainkan angklung dan mengalunkan sebuah lagu karya Michael Jackson “Heal the World” dan disuguhi makanan khas Indonesia, soto ayam dan nasi goreng. (Atdikbud Tokyo/Lydia Agustina/Seno Hartono)


Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 429 kali