Natal Kemendikbudristek 2021: Merayakan Cinta Kasih Umat Kristiani Kemendikbudristek Kepada Sesama  05 Januari 2022  ← Back



Kemendikbudristek, 5 Januari 2022 ---. Suasana Natal tahun 2021 di Indonesia masih dirayakan dalam suasana pandemi. Pun dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang merayakan Natal tahun 2021 secara sederhana serta diawali dengan aksi sosial pemberian donasi kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru, anak panti asuhan dan penghuni panti jompo sebelum pelaksanaan rangkaian ibadah dan perayaan Natal berlangsung.
 
Acara ibadah dan perayaan Natal umat Kristiani Kemendikbudristek yang dilaksanakan secara hibrida berlokasi di Manado dan di kantor Kemendikbudristek Jakarta pada (28/12) dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Utara, Manado selaku penanggung jawab rangkaian ibadah dan perayaan Natal.
 
“Melalui tema Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan, kita semua diajak untuk menjaga nyala kasih Tuhan melalui berbagi kasih dengan sesama saudara kita tanpa memandang perbedaan,” jelas Pendeta Hein Arina yang juga menjabat sebagi Ketua Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa ketika menyampaikan khotbah Natal.
 
Senada dengan itu, Sekretaris Jenderal, Suharti, dalam sambutannya mewakili Pembina Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kemendikbudristek menyampaikan bahwa saat ini semua pihak mengalami kondisi yang tidak menyenangkan terutama dengan berbagai bencana silih berganti di Indonesia..
 
“Kementerian kita memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat terkhusus dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, saya mengajak semua Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama umat Kristiani dalam meneladani Tuhan, melindungi diri dan sesama serta memastikan protokol kesehatan berlangsung baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi sehingga membawa manfaaat untuk masyarakat. Selamat Hari Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022,” tegas Suharti..
 
Dalam kesempatan yang sama, penyampaian sambutan mewakili penyelenggara Natal tahun 2021, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Paudasmen) mengatakan bahwa perayaan Natal seyogyanya menjadi momentum untuk mewujudkan kasih Tuhan kepada sesama yang membutuhkan.
 
“Oleh karena itu, saya berharap kita semua dapat mewujudkan semangat kasih persaudaraan yang berkebinekaan global di tengah masyarakat,” pesan Jumeri.
 
Ketua Panitia Natal tahun 2021, Kepala LPMP Sulawesi Utara, Febry H.J. Dien, mengungkapkan kegembiraannya atas partisipasi dari umat Kristiani Kemendikbudristek yang tetap mampu mewujudkan kasih kepada sesama di dalam sukacita Natal. “Melalui sub tema Natal tahun 2021 yaitu Bersama kita wujudkan layanan pendidikan dan kebudayaan yang berkualitas dalam semangat kasih persaudaraan yang berkebinekaan global, kami mengajak semua rekan umat Kristiani Kemendikbudristek untuk peduli dan menunjukkan kasih kepada saudara-saudara khususnya yang mengalami musibah seperti yang terjadi di Lumajang,” pungkasnya.

Sebagai bentuk kepedulian dari Panitia Natal Kemendikbudristek tahun 2021 serta mewakili umat Kristiani Kemendikbudristek, turut diserahkan donasi berupa dana maupun kebutuhan pokok sehari-hari kepada masyarakat yang terdampak bencana erupsi gunung Semeru melalui LPMP dan Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Provinsi Jawa Timur.
 
“Selain diserahkan donasi kepada masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, kami juga memberikan donasi kepada penghuni panti asuhan dan panti jompo di wilayah Sulawesi Utara dan Kalimantan Tengah serta media pembelajaran kepad satuan pendidikan tingkat PAUD di Tegal, Jawa Tengah,” ungkap Febry dalam laporan kegiatan penyelenggaraan pemberian donasi Natal.
 
Rangkaian Ibadah dan Perayaan Natal Kemendikbudristek tahun 2021 turut diisi dengan Pesan Natal yang disampaikan oleh Pastor Charles Agustino Coenrad Javlean, Pr, selaku Ketua Komisi Pendidikan Keuskupan Agung Jakarta yang mengingatkan untuk semua umat Kristiani Kemendikbudristek tetap menjaga iman, pengharapan dan kasih di tengah kehidupan masyarakat global sehingga tetap menjadi saksi Kristus di dalam kehidupan sehari-hari.
 
Sebagai hiburan dalam rangkaian ibadah dan perayaan Natal Kemendikbudristek tahun 2021 dimeriahkan dengan penampilan video kolase umat Kristiani Kemendikbudristek, persembahan pujian dari LPMP Sulawesi Utara dan Papua Barat. (Andrew F./Seno H.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2732 kali