Dukung Mobilitas Mahasiswa ke Internasional, KBRI London Kenalkan Kampus Kelas Dunia  23 Februari 2022  ← Back

London, 23 Februari 2022 --- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dan Persatuan Pelajar Indonesia United Kingdom (PPI UK) menggelar webinar bertema “Mengenal United Kingdom (UK) sebagai Tujuan Mobilitas IISMA 2022 dan Tujuan Belajar Mahasiswa”.

Duta Besar Republik Indonesia di London, Desra Percaya, mendukung sepenuhnya Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 yang merupakan bagian dari kebijakan Kampus Merdeka yang telah dirilis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dalam sambutannya, Dubes Desra menyampaikan, “Menuju generasi emas 2045, tentunya Indonesia membutuhkan generasi cerdas, siap menerima perubahan, dan juga siap untuk menjadi global citizen. Webinar ini komitmen kami mendukung IISMA 2022 yang akan segera bergulir.”

Webinar berlangsung pada Kamis (17/2) dan dipadati para mahasiswa yang berminat mengikuti program IISMA ke Inggris Raya (United Kingdom). “Pada IISMA 2021, UK merupakan tujuan favorit. Tidak kurang dari 180 mahasiswa Indonesia berkesempatan “mondok” di berbagai universitas ternama yang ada di UK,” ungkap Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Atdikbud RI) Khairul Munadi, pada kesempatan yang sama.

“Pemerintah telah mempersiapkan berbagai macam program demi terwujudnya generasi emas 2045, termasuk di antaranya adalah program Merdeka Belajar dan di tingkat perguruan tinggi, IISMA yang akan segera memasuki tahun kedua pelaksanaan. Teman-teman harus bisa menggunakan kesempatan emas ini sebaik-baiknya untuk mengenyam pengalaman studi di universitas top dunia, tinggal di negara maju, dan juga berinteraksi dengan warga dan budaya lain,” tambah Desra.

Dalam kesempatan yang sama, Rachmat Sriwijaya, Ketua Subpokja IISMA 2021, menjelaskan bahwa IISMA merupakan program platinum Kemendikbudristek yang mulai diluncurkan pada Mei 2021.

“Pada IISMA 2021, kami telah berhasil menarik 12 universitas di Inggris. Untuk tahun ini, beberapa universitas ternama di Inggris dan dunia turut bergabung dengan IISMA 2022, di antaranya adalah University College London dan University of Edinburgh. Kami harap akan lebih banyak universitas ternama di UK yang turut bergabung di masa depan. Untuk ini, kami akan bekerja sama intensif dengan Atdikbud KBRI London,” tambah Rachmat.

Atdikbud Khairul mengungkapkan, dalam webinar yang dihadiri lebih dari 100 mahasiswa ini, diharapkan para mahasiswa calon pelamar IISMA 2022 dapat memiliki gambaran awal tentang sistem pendidikan dan kehidupan sosial di Inggris serta memahami persiapan yang diperlukan untuk belajar di luar negeri.

“Ini supaya pelamar IISMA mendapatkan informasi yang cukup dan tidak ragu memilih perguruan tinggi di UK sebagai destinasinya,” ucap Khairul.

Atdikbud KBRI London, Khairul Munadi, dalam paparannya menambahkan, “UK merupakan rumah bagi banyak universitas terbaik di dunia. Selain itu, salah satu keunikan dari universitas-universitas di UK banyak juga yang menawarkan program beasiswa langsung dari universitas, sehingga pengalaman pernah belajar di satu universitas di UK, walaupun hanya satu semester, akan menjadi berharga dan bisa melahirkan kesempatan-kesempatan lain di kemudian hari.”

Keunggulan lain yang dimiliki oleh universitas-universitas di UK adalah program studi yang sangat beragam dan juga multidisiplin.

“Beragamnya program studi yang multidisiplin di Inggris akan membantu teman-teman mahasiswa mendapatkan kompetensi yang dibutuhkan untuk persaingan global,” pungkas Khairul.

Ketua Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) UK, Oki Earlivan, menceritakan manfaat belajar di Inggris yang beragam. “Mulai dari budaya yang beraneka, kultur membaca yang kental, dan sistem perkuliahan yang lebih banyak diisi dengan debat dan argumentasi yang didasarkan fakta,” ucap Oki.

“Kami siap menyambut teman-teman IISMA 2022 dan membantu teman-teman beradaptasi,” tambah Oki.

Menutup webinar, Atdikbud Khairul mengungkapkan, “Ke depan, selain menarik lebih banyak universitas di UK yang berpartisipasi pada program IISMA 2022, KBRI London juga ingin mendorong adanya program resiprokal dari Inggris ke berbagai perguruan tinggi di Indonesia.”







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI    
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id     

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 79/sipers/A6/Il/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1199 kali