Puspresnas Ajak Unpad untuk Mengembangkan Talenta Unggul Mahasiswa  25 Maret 2022  ← Back



Sumedang, 21 Maret 2022 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menggandeng Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk berperan aktif dalam melakukan pengembangan prestasi dan dan talenta peserta didik Indonesia. Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi mengatakan perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam mencetak talenta unggul yang mampu berprestasi di tingkat nasional maupun dunia.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, kami memiliki program yang bernama Program Manajemen Talenta Nasional. Untuk itu, konsolidasi dan kolaborasi program harus dilakukan dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Unpad,” terang Asep Sukmayadi saat melakukan kunjungan ke Unpad di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, pada Senin (21/3).

Asep beserta jajaran dari Pupsresnas berdiskusi terkait kondisi talenta, kompetisi, dan berbagai tantangan pengembangan prestasi mahasiswa. Pada kesempatan ini, Asep juga menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada Unpad yang sejak beberapa tahun terakhir telah memberikan karpet merah kepada para siswa berprestasi dalam berbagai kegiatan kompetisi di tingkat SMA/SMK untuk diterima di Unpad.

“Aksesibilitas, koordinasi dan integrasi database talenta berprestasi di tingkat pendidikan menengah dengan perguruan tinggi perlu lebih intens diperkuat sebagai bagian dari insentif penjaminan karir belajar para siswa berprestasi dan wujud dari implementasi manajemen talenta yang holistik,” tutur Asep.

Salah satu tantangan yang dikemukakan dalam diskusi ini, adalah bagaimana menyiapkan talenta unggulan di bidang riset dan inovasi. “Di mana Unpad juga telah memberikan kontribusi berupa temuan hebat misalnya di bidang farmasi,” ucap alumi Unpad ini.

Di samping itu, Asep juga menyampaikan Indonesia harus memiliki orientasi pembangunan yang lebih kuat terhadap bidang agrikultur. “Di sini, Unpad bisa menjadi bagian dari penyiapan talentanya,” imbuh Asep.

Asep juga menekankan bahwa prestasi bukan saja di bidang akademik, tetapi non akademik. Oleh karena itu, pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2022 ini, Puspresnas akan mengembangkan kategori prestasi yang lebih beragam dan menantang bagi para mahasiswa.

Selanjutnya, Asep juga menyampaikan bahwa Puspresnas akan mengembangkan kurasi prestasi yang bertujuan untuk memberikan insentif dan rekognisi peserta didik yang berprestasi di segala bidang yang berasal dari berbagai ajang yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Mengingat potensi yang dimiliki Unpad tersebut, Asep mengundang Unpad untuk menjadi tuan rumah pada berbagai ajang kompetisi di jenjang perguruan tinggi dan turut berpartisipasi dalam berbagai bidang pengembangannya.

Dalam sesi terakhir, Puspresnas bersama Unpad menandatangani nota kerja sama yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Arief S. Kartasasmita.

“Kami berkomitmen untuk mendukung dan berpartisipasi lebih luas dalam pengembangan prestasi mahasiswa. Unpad juga siap untuk menjadi salah tuan rumah di sejumlah ajang talenta dan berperan aktif dalam berbagai program manajemen talenta Indonesia,” pungkas Arief. (Yosse/Denis)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 813 kali