KBRI untuk Thailand Apresiasi Siswa Sekolah Indonesia Bangkok Masuk Universitas Negeri di Indonesia  13 April 2022  ← Back

Bangkok, 13 April 2022 --- Duta Besar Republik Indonesia untuk Thailand, Rachmat Budiman, mengungkapkan bahwa dirinya mendukung generasi muda agar terus bersemangat meraih pendidikan. “Jangan pernah berhenti berupaya hingga cita-cita kita tercapai,” tutur Dubes Rachmat Budiman dalam kegiatan Wisuda dan Pelepasan Peserta Didik jenjang SMA pada Sekolah Indonesia Bangkok, Sabtu (9/4). Adapun tema kegiatan Wisuda kali ini diberi judul “Never Give Up, Never Surrender”.

Dubes Rachmat Budiman, pada sambutannya, memberikan selamat kepada semua siswa dan menyatakan kebanggaannya atas diterimanya dua siswi Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) di Universitas Indonesia dan dukungannya kepada empat siswa lainnya yang akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. “Keempat siswa lainnya sebentar lagi akan ikut seleksi masuk perguruan tinggi dan saya yakin akan mendapatkan universitas sesuai dengan yang diinginkan,” tutur Dubes Rachmat Budiman.

“Saya memaknai never give up sebagai pesan agar jangan pernah berhenti melakukan kewajiban dan melakukan berbagai upaya sampai tujuan tercapai, yaitu belajar, belajar, dan belajar. Sedangkan never surrender berarti jangan pernah menyerah menjadi yang terbaik, jangan menyerah pada musuhmu, yaitu kemalasan,” ucap Dubes Rachmat.  

Dijelaskan oleh Kepala Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), Susianto, terdapat enam peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). “Dari enam orang siswa, dua orang siswa berhasil lulus jalur undangan (SNMPTN) ke Perguruan Tinggi Negeri, yaitu Zakiyah Salsabila di Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, dan Azzahra Khairunnisa Nasution di Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia. Sedangkan 4 orang siswa lainnya masih akan mengikuti seleksi untuk masuk PTN atau jenjang pendidikan tinggi lainnya,” ujar Susianto.

“Pelepasan ini merupakan tanda telah selesainya rangkaian kegiatan belajar siswa sekaligus pelepasan peserta didik jenjang SMA untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi,” imbuh Susianto.

Perwakilan Kelas 12, Zakiyah Salsabila, menyampaikan terima kasih kepada para guru atas pengorbanan dan waktunya dalam mendidik siswa menjadi pribadi yang lebih dewasa, bertanggung jawab, dan berbakti kepada orang tua.

“Tanpa Bapak dan Ibu kami bukanlah apa-apa, sungguh besar jasa-jasa yang telah diberikan. Semoga Allah SWT membalas semua jasa-jasa Bapak dan Ibu guru serta senantiasa diberikan kesehatan dan kesabaran dalam menjalankan tugas mulia ini.” ungkap Salsa.

Susianto juga mengapresiasi dukungan KBRI Bangkok kepada SIB. “Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak Duta Besar atas arahan dan bimbingan yang diberikan, Bapak Atdikbud atas pembinaan dan pendampingannya, Bapak Ibu guru yang telah membimbing para siswa, Bapak Ibu orang tua siswa atas dukungan yang telah diberikan, Bapak Ibu tamu undangan, serta para siswa siswi Sekolah Indonesia Bangkok,” lanjut Susianto, yang kemudian menjelaskan bahwa kegiatan dilakukan secara hibrida dengan 4 orang siswa dilakukan wisuda secara luring dan 2 orang siswa dilakukan secara daring.

Acara dihadiri Duta Besar, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Bangkok, sejumlah pejabat KBRI Bangkok, Pengurus Komite Sekolah, Kepala Sekolah, guru, tenaga kependidikan, orang tua siswa kelas 12, dan perwakilan OSIS SIB.

Prosesi wisuda berlangsung khidmat dengan acara pengalungan selendang dan pemberian sertifikat kelulusan oleh kepala sekolah, dan dilanjutkan dengan pemberian Sertifikat Penghargaan oleh Duta Besar, dan pemberian cindera mata oleh Atdikbud Bangkok Achmad Wicaksono, dengan disaksikan orang tua peserta didik dan tamu undangan. Kegiatan ini diiringi dengan Himne SIB yang merupakan lagu ciptaan Dubes Rachmat Budiman.

Selain prosesi wisuda dan pelepasan, dijelaskan Susianto, acara semakin berkesan dengan diputarnya video kenangan siswa, penampilan Tari Beksan Smarasanta dan paduan suara siswa SIB menyanyikan lagu SIB-Ku, dan musikalisasi puisi berjudul “Izinkan Aku Juga Bersumpah” yang lagu dan puisinya juga merupakan karya Dubes Rachmat Budiman. Pembacaan puisi dilakukan oleh Siswa SIB Kelas 11, Alifia Nurul.



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi     

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI    
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id     

#MerdekaBelajar
#KampusMerdeka
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 189/sipers/A6/IV/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1353 kali