Kemendikbudristek Imbau Satuan Pendidikan Sadari Risiko Bencana  26 April 2022  ← Back

Jakarta, 26 April 2022 --- Menyukseskan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong penyelenggaraan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menyikapi potensi bencana.   

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti selaku Ketua Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana, memberi penekanan agar semua pihak dapat mengenali ancaman bencana, memahami risikonya, dan meningkatkan kesadaran akan bencana terutama di satuan pendidikan. Oleh karena itu, pada peringatan HKB 2022, ia mengajak seluruh warga satuan pendidikan untuk ikut serta dan berpartisipasi aktif.

“Ayo, kita bunyikan tanda secara serentak seperti sirine, kentongan, lonceng, apa saja pada tgl 26 April 2022 pada pukul 10 waktu setempat sebagai tanda dimulainya latihan evakuasi mandri dan segera menuju titik kumpul aman,” ujarnya di Jakarta, Selasa (26/4).

Lebih lanjut, Sesjen Kemendikbudristek juga menyoroti pentingnya kolaborasi seluruh pemangku kebijakan dalam menciptakan Indonesia yang tangguh bencana. Indonesia tangguh bencana, kata dia, harus dilakukan semua pihak karena penanggulangan bencana adalah urusan bersama. “Kami mengimbau kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten/kota seluruh Indonesia untuk menugaskan seluruh kepala satuan pendidikan mengimplementasikan program SPAB,” tegas Suharti.

Merujuk Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman Bencana, Kemendikbudristek bergiat melakukan pemantauan atas penyelenggaraan program SPAB dan meningkatkan kesiapsiagaan bencana di satuan pendidikan melalui beberapa langkah.

Pertama, melakukan pengisian evaluasi SPAB sebelum tanggal 20 Mei 2022 melalui aplikasi inaRISK Personal yang dapat diunduh pada Play Store https://bit.ly/inaRISKandroid atau App Store https://apple.co/3wHJXxU. Hasil pengisian evaluasi SPAB tersebut akan menjadi bahan laporan dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 pada tanggal 23 s.d. 28 Mei 2022, di Bali, yang akan dihadiri delegasi dari 193 negara.

Kedua, berpartisipasi dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) dengan melakukan beberapa pilihan kegiatan seperti sosialisasi, edukasi dan kampanye publik/sosial media terkait SPAB; peningkatan keterampilan dan kapasitas warga satuan pendidikan dalam penyelenggaraan SPAB; pengecekan sarana dan prasarana keselamatan, penyusunan uji prosedur tetap (protap), kesiapan personil dan pengecekan logistik peralatan kebencanaan yang ada di satuan pendidikan; uji sistem dan alat peringatan dini, pengecekan jalur, rambu dan tempat evakuasi yang ada di satuan pendidikan; serta latihan penyelamatan diri, evakuasi mandiri dan simulasi kebencanaan.

Ketiga, berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat atau lembaga lainnya seperti Badan SAR Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran, Palang Merah Indonesia (PMI), Gerakan Pramuka, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU), Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), dan lembaga lainnya yang memiliki kompetensi dan kapasitas dalam penanggulangan bencana khususnya program SPAB dalam melaksanakan rangkaian kegiatan HKB 2022. “Kegiatan HKB 2022 dapat dilaksanakan pada bulan April s.d. Mei 2022,” terang Suharti.

Keempat, mendaftarkan atau melaporkan kegiatan HKB 2022 di masing-masing satuan pendidikan melalui tautan berikut https://bit.ly/DaftarHKB2022. Informasi lebih lanjut mengenai evaluasi SPAB, HKB tahun 2022, dan program SPAB lainnya dapat dipelajari pada laman https://spab.kemdikbud.go.id/ atau dapat menghubungi Sekretariat Nasional SPAB melalui pos-el spab@kemdikbud.go.id atau Whatsapp 085213318836.

Satuan pendidikan siap untuk selamat! Salam tangguh, Salam kemanusiaan!

Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Laman: kemdikbud.go.id

Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#SatuanPendidikanAmanBencana
#HariKesiapsiagaanBencana
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 219/sipers/A6/IV/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 14736 kali