Filosofi Gotong Royong Sabilulungan Jadi Semangat Pertemuan Kedua G20 Bidang Pendidikan  19 Mei 2022  ← Back



Bandung, Kemendikbudristek --- Kota Bandung, Jawa Barat, dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau G20 Education Working Group (EdWG) yang diselenggarakan secara hibrida pada 18-19 Mei 2022. Di Tanah Pasundan itu, Kemendikbudristek ingin merefleksikan filosofi masyarakat Sunda yang sangat relevan dengan semangat gotong royong, yaitu Sabilulungan. Kemendikbudristek mengajak para delegasi untuk mencapai tujuan bersama dan berperan aktif di dalam pertemuan tersebut.

Sabilulungan adalah kearifan lokal yang lebih dari sekadar mengedepankan perilaku gotong royong, melainkan juga silih asah, silih asih, silih asuh, dan silih wawangi, serta mengesampingkan perbedaan untuk mencapai tujuan besar bagi kepentingan bersama. Silih asah mengandung makna saling menajamkan pikiran dan berbagi informasi. Silih asih berarti saling mengasihi, silih asuh adalah saling membimbing, dan silih wawangi dapat diartikan sebagai saling memberikan dukungan.  Nilai luhur yang melekat di masyarakat Pasundan ini menjadi salah satu alasan pemilihan Kota Bandung sebagai lokasi penyelenggaraan pertemuan kedua G20 EdWG.

Chair G20 EdWG, Iwan Syahril, mengatakan, gotong royong merupakan semangat yang terus diusung dalam setiap langkah strategis maupun implementasi hasil pertemuan G20 EdWG. Demikian pula pada dunia pendidikan secara umum, gotong royong menjadi kunci pemulihan. Semangat gotong royong tersebut juga sangat sesuai dengan filosofi masyarakat Pasundan, Sabilulungan.

“Sejalan dengan keempat nilai tersebut, dalam pertemuan kedua EdWG G20 yang berlangsung mulai hari ini, kami berharap seluruh peserta pertemuan aktif mengambil bagian dengan saling menyampaikan pemikiran-pemikiran guna menciptakan pendidikan berkualitas dan menyediakan aksesnya bagi semua kalangan dengan semangat gotong royong,” ujar Iwan di Bandung, Rabu (18-5-2022).

Semangat Sabilulungan atau gotong royong dalam pertemuan G20 EdWG diharapkan dapat mendorong munculnya kebijakan, inovasi, dan inspirasi yang bermanfaat bagi kepentingan nasional maupun global. (Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 9431 kali