Kantor Bahasa Provinsi NTB Menggelar Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2022  26 Mei 2022  ← Back



Mataram, Kemendikbudristek – Sebagai motor penggerak literasi nasional, peran Duta Bahasa menjadi penting. Guna mendukung keberlanjutan Duta Bahasa di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyelenggarakan rangkaian acara final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2022 pada tanggal 23--26 Mei 2022.

“Duta Bahasa Provinsi NTB adalah salah satu perpanjangan tangan kami dalam menyebarkan informasi kebahasaan dan kesastraan di NTB, terutama di kalangan generasi muda saat ini. Dukungan dari Bapak/Ibu dan Ikatan Duta Bahasa Provinsi NTB sangat berkontribusi besar dalam kesuksesan acara ini dan kegiatan kami lainnya,” ucap Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Umi Kulsum saat memberikan sambutan pembuka pada acara puncak final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2022, (26/5).

Umi juga menambahkan harapan supaya generasi muda melalui wadah Ikatan Duta Bahasa Provinsi NTB terus bersinergi dengan Kantor Bahasa Provinsi NTB dalam membina, mengembangkan, dan melindungi bahasa dan sastra Indonesia, dalam upaya menjaga semangat mengembangkan bahasa dan sastra, terutama di kalangan generasi muda.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi NTB, Najamuddin Amy menyatakan dukungan atas pemilihan Duta Bahasa NTB. “Saya mengapresiasi penuh atas berbagai kegiatan Kantor Bahasa Provinsi NTB dan upaya serta kerja kerasnya selama ini dalam membina dan menggiatkan bahasa dan sastra Indonesia di wilayah NTB. Setiap era, setiap masa selalu mempunyai masa pergerakan tersendiri. Inilah saatnya untuk terus memacu semangat diri, semangat generasi muda untuk berkontribusi dengan baik melalui Duta Bahasa Provinsi NTB ini,” urai Najamuddin.

Najamuddin turut menyampaikan langkah yang telah dilakukan oleh Kantor Bahasa Provinsi sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda. “Menjadi penting seberapa cerdas kita mengelola sumber Daya Manusia (SDM) yang kita miliki. Karakter bangsa adalah kekayaan yang harus kita jaga,” tekannya.

Berbagai tahapan sebelum masuk ke tahap final terdiri atas seleksi administrasi, dilanjutkan dengan pembekalan materi bagi 100 peserta terpilih, seleksi wawancara bagi 50 peserta, dan tahap 20 finalis terpilih.

100 orang peserta terpilih berkesempatan mendapatkan pemahaman dan wawasan di pembekalan materi disampaikan oleh narasumber yang memiliki kompetensi. Pembekalan materi hari pertama, selain Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB yang menyampaikan materi Kebijakan Bahasa dan Bahasa Pewara dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi NTB yang menyampaikan materi Literasi Digital, turut hadir Kasman yang menyampaikan materi Kondisi Kebahasaan di NTB serta Mangam Arjuna Saputra yang menyampaikan materi tentang Teknik Pembuatan Konten Video.

Selanjutnya, pada hari kedua, materi diisi oleh Hartanto yang menyampaikan materi Teknik Penulisan Laporan dan Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Syaiful Bahri menyampaikan materi Kondisi Sastra NTB, Toni Samsul Hidayat menyampaikan materi Bahasa dan Hukum, dan Hemas Tirta, menyampaikan materi Teknik Berbicara di Depan Umum dan Teknik Presentasi.

Berikutnya kedua puluh finalis mengikuti tahapan seleksi terakhir, yaitu tahap final selama empat hari. Kegiatan hari pertama diisi dengan presentasi program kerja kebahasaan dan kesastraan yang akan atau yang telah dilakukan oleh para peserta. Hari kedua pelaksanaan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia dan tes psikologi. Hari ketiga pertunjukan minat bakat dan wawancara mendalam mengenai kemampuan berbahasa asing para peserta. Hari keempat merupakan puncak acara Penganugerahan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2022 Terpilih.

Dari kedua puluh finalis yang mengikuti rangkaian acara final tersebut, ditetapkan dua pasang pemenang utama dan satu pasang pemenang favorit. Berikut para pemenang terpilih.
Pemenang I, yaitu Yusri Ramadhan dan Ckristy Diana Darmayanti.
Pemenang II, yaitu Ichlasul Amal dan Sylvia Maulida Damayanti.
Pemenang Favorit, yaitu Arya Wahyu Sukma Adji dan Yulia Mashela Safarina.
 
Berbagai perwakilan dari lembaga/instansi dan perguruan tinggi hadir menyemarakkan dan memberikan dukungan di acara puncak final Pemilihan Duta Bahasa Provinsi NTB Tahun 2022, diantaranya Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NTB, Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi NTB, Universitas Nahdhatul Wathan, Universitas Pendidikan Mandalika, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, perwakilan Putri Batik Indonesia, Duta Pariwisata NTB, Terune Dedare NTB, dan perwakilan dari duta generasi muda lainnya. (Ayu/Mery/Andrew Fangidae)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2776 kali