Nobar Film Kartini Semarakan Peringatan Hari Kartini Di Sekolah RI Tokyo  10 Mei 2022  ← Back



Tokyo, 21 April 2022 – Rasa kebangsaan dan cinta tanah air oleh Warga Negara Indonesia di Jepang tetap menjadi perhatian Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo. Dalam upaya memupuk dan menjaga keduanya serta mempertebal rasa penghargaan kepada pahlawan bangsa, KBRI Tokyo menyelenggarakan peringatan Hari Kartini di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT), sekaligus merayakan ulang tahun SRIT ke-60, Kamis (21/4).
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) RI di Tokyo, Yusli Wardiatno, dalam sambutannya saat membuka acara mengharapkan siswa-siswi dapat mencontoh semangat emansipasi wanita dan keinginan kuat memperoleh kesetaraan pendidikan yang diperjuangkan RA Kartini.
 
“Berkat perjuangan beliau, saat ini di Indonesia, kaum perempuan bisa menempuh pendidikan setinggi-tingginya serta dapat berkarir di pelbagai bidang. Indonesia bahkan merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang memiliki presiden perempuan. Kita mesti bangga dengan hal itu,” papar Yusli.
 
Beragam kegiatan melengkapi penyelenggaraan peringatan Hari Kartini, antara lain peragaan busana daerah dan lomba mewarnai untuk jenjang TK dan SD. Seluruh siswa dan guru serta tenaga kependidikan dengan antusias mengenakan berbagai pakaian adat di dalam acara tersebut. Bagi siswa-siswa yang bersekolah di kelas lebih tinggi, dibuat acara khusus berupa nonton bareng (nobar) Film Kartini, kemudian dilanjutkan dengan perlombaan membuat resume film tersebut.
 
“Tidak sedikit siswa terharu hingga menitikkan air mata pada saat menonton film tersebut. Kegiatan nobar memang menjadi penting dalam kegiatan peringatan terhadap pahlawan RA Kartini. Siswa SRIT diharapkan bisa betul-betul menghayati bagaimana seorang Kartini memperjuangkan kaumnya dengan teguh,” tutur Yusli di akhir acara.*** (Atdikbud Tokyo/ Lydia Agustina/ Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 818 kali