Tarian Tradisional Indonesia Semarakkan Jeddah Season 2022  28 Mei 2022  ← Back



Jeddah, Kemendikbudristek --- Setelah terhenti sementara akibat pandemi Covid-19, Jeddah Season kembali hadir di tengah-tengah masyarakat Jeddah. Dengan slogan “Hari-hari Bahagia Kita” atau “Our Lovely Days”, festival seni dan hiburan terbesar di kota Jeddah tersebut digelar selama dua bulan dari Mei sampai Juli 2022. Menyemarakan tema acara yang bertajuk “Indonesian Night”, tarian tradisional Indonesia turut ditampilkan secara apik oleh para siswi Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ).

Pada perhelatan tersebut, 10 siswa dari SIJ menampilkan empat tarian di panggung utama Prince Majid Park. Taman yang didesain dengan megah tersebut memiliki beberapa panggung untuk pertunjukan musik dan acara hiburan lainnya. Sore itu, sekitar pukul 17.00 waktu setempat, ratusan pengunjung telah memadati taman. Tujuan mereka semata untuk mendapatkan lokasi menonton terbaik. Sambil menunggu, pengunjung yang sudah berada di lokasi acara, duduk-duduk di taman sambil menikmati waktu bersama keluarga.

Begitu acara dimulai, pengunjung terlihat semakin banyak yang memadati lokasi. Di saat itulah, Najmah, Wilda, dan Maemunah dari kelas 10 dan 11 SIJ muncul di atas panggung menampilkan tarian merak. Sekitar 20 menit kemudian, siswi SIJ lainnya kembali memukau pengunjung dengan membawakan tarian Ruai yang dilanjutkan dengan tarian ondel-ondel dan medley nusantara.

“Bangga sekali menjadi bagian dari acara besar ini. Kami bisa menunjukkan keragaman kekayaan Indonesia dan kecantikan budaya Indonesia pada masyarakat di Jeddah,” jawab Wilda (20/5) ketika ditanya salah satu media lokal tentang perasaannya tampil di Jeddah Season. Wilda dan teman-temannya juga berharap, acara ini dapat digelar kembali tahun depan.

Farah selaku manajer panggung (stage manager) yang dihubungi melalui sambungan telepon, menyatakan bahwa acara ini menjadi ajang perkenalan budaya Indonesia pada masyarakat Jeddah. “Tentu kesempatan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja,” ucapnya.  

Jeddah Season 2022 menghadirkan 2.800 atraksi menarik, hiburan, dan pertunjukan seni dan budaya. Festival ini menjadi refleksi kekayaan budaya masyarakat Jeddah sekaligus menunjukkan bahwa Jeddah adalah destinasi wisata penting di Arab Saudi. Sembilan lokasi yang dipilih sebagai tempat berlangsungnya Jeddah Season adalah Jeddah’s Superdome, Al-Jawhara Stadium, Jeddah Jungle, Jeddah Yacht Club, Jeddah Art Promenade, Jeddah Pier, Prince Majid Park, City Walk dan Al-Balad.

Jeddah Season tahun ini menghadirkan beberapa pemusik, penyanyi, disc jokey (DJ), dan penari Indonesia yang tinggal di Jeddah. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat umum, KJRI Jeddah juga memberikan dukungan. Turut hadir, Muhammad Ilham, Pelaksana Fungsi Pensosbud 2; Ahmad Muhammad, Pelaksana Fungsi Pensosbud 3, serta Sutikno; Kepala Sekolah Indonesia Jeddah.* (Mukaramah (SIJ)/Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2784 kali