Pengambilan Sumpah PNS, Mendikbudristek Ajak Terus Berinovasi Wujudkan Nilai Merdeka Belajar  08 Juni 2022  ← Back

Jakarta, 7 Juni 2022 --- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan pengambilan sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi 91 orang, secara luring di Gedung A Kemendikbudristek, Jakarta, pada Selasa (7/6). Acara digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Dalam sambutannya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengajak para pegawai yang baru diambil sumpah/janjinya untuk terus berinovasi dan mencoba hal-hal baru.

“Inovasi adalah kunci dari nilai-nilai Merdeka Belajar. Jika dalam perjalan melakukan inovasi ada hambatan tidak apa-apa, yang penting kita selalu melangkah ke depan dan mencoba hal-hal yang baru,” disampaikan Mendikbudristek dalam sambutannya.

Lebih lanjut Mendikbudristek mengatakan, bekerja di lingkungan Kemendikbudristek akan menjadi pengalaman luar biasa. Menurutnya, kepemimpinan di dalam Kemendikbudristek sangat transparan dan terbuka. “Jangan takut mengambil resiko dan menyuarakan pendapat anda. Jangan takut men-challenge program-program, karena dari situ akan timbul budaya yang berfokus pada kreativitas dan inovasi,” imbuh Mendikbudristek.

Menyambut PNS baru, Mendikbudristek menyampaikan beberapa inovasi Kemendikbudristek melalui payung Merdeka Belajar, seperti penghapusan Ujian Nasional (UN) menjadi Asesmen Nasional (AN) serta pemberian dana bantuan ke sekolah-sekolah, program afirmasi di kepulauan seperti Papua dan Maluku. Selain itu, melalui Dana Abadi Kebudayaan, Merdeka Belajar telah memungkinkan pemberian insentif, motivasi, dan semangat kepada para seniman dan budayawan memajukan kebudayaan Indonesia.

“Betapa besarnya lompatan itu. Untuk pertama kalinya, kita mengalirkan dana ke daerah dengan metode yang membela keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Mendikbudristek

Selanjutnya, lewat Kampus Merdeka, Menteri Nadiem menuturkan bahwa Kemendikbudristek membuka banyak kesempatan bagi peserta didik untuk belajar langsung di perusahaan, belajar melalui proyek sosial, mengajar di desa, atau kewirausahaan yang disetarakan hingga 20 Satuan Kredit Semester (SKS). “Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, sekarang kampus benar-benar merdeka,” ungkap Mendikbudristek.

Selain itu, dalam pendanaan beasiswa bagi mahasiswa di perguruan tinggi, Kemendikbudristek telah bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk melakukan terobosan pembiayaan bagi mahasiswa jenjang S-1. “Ini adalah langkah-langkah historis yang menurut kami akan membawa perubahan sangat besar,” tuturnya.

Menutup sambutan, Mendikbudristek mengajak para PNS yang telah diambil sumpah/janji agar mau banyak mencoba dan berkarya. “Selamat mengemban tugas dan selamat datang di era baru Kemendikbudristek,” ujarnya.

Adapun 91 orang PNS yang diambil sumpahnya terdiri dari beberapa jabatan seperti Pengolah Data Perencanaan Penganggaran, Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan, Analis Data dan Informasi, Analis Data Pendidikan, Pengelola Kepegawaian, Analis Kerja Sama Luar Negeri, dan Pranata Fotografi serta beberapa jabatan lainnya.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI    
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 290/sipers/A6/VI/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 691 kali