Ragam Ekspresi Budaya Warnai Wisuda Siswa dan Perayaan Ulang Tahun Sekolah Indonesia di Tokyo  21 Juni 2022  ← Back



Kamis, 16 Juni 2022 --- Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) kembali menggelar acara wisuda bagi lulusan jenjang Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas untuk tahun pelajaran 2021/2022, Kamis (16/6). Acara juga sekaligus merayakan ulang tahun SRIT yang ke-60 jatuh pada Kamis, 16 Juni 2022. Acara digelar di SRIT secara luring dengan protokol kesehatan ketat dan disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting dan YouTube.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Yusli Wardiatno, yang hadir dalam acara ini mengungkapkan, ”Dalam fase kehidupan, wisuda merupakan tonggak sejarah kehidupan yang penting bagi Anda semua. Masa pendidikan mulai dari jenjang taman-kanak-kanak hingga pendidikan tertinggi yang akan Anda raih suatu saat nanti, ibarat ulat yang masuk menjadi kepompong.”
 
Dilanjutkan Atdikbud Yusli, setelah para peserta didik menyelesaikan pendidikan tertinggi sesuai dengan cita-cita masing-masing, maka para lulusan telah menjadi kupu-kupu indah dan siap terbang. “Artinya, Anda siap berkontribusi bagi  masyarakat dan bangsa. Semoga para siswa SRIT nanti menjadi orang sukses serta menjadi pemimpin Indonesia di masa emas tahun 2045 nanti,” ujar Atdikbud kepada para lulusan.
 
“Oleh karena itu, kalian harus terus semangat belajar dan berkarya dengan penuh semangat dan harapan,” tambah Atdikbud Yusli.
 
Selain dihadiri orang tua/wali para wisudawan, acara juga dihadiri Perwakilan KBRI Tokyo, Jurman Saputra Nazar, Ketua Komite Sekolah Sonny Surachman Ramli, serta perwakilan Bank Indonesia, Bank Negara Indonesia, Garuda Indonesia, Pertamina dan mitra SRIT lainnya. Sebelum prosesi wisuda dimulai, acara diawali dengan laporan pendidikan oleh Kepala Sekolah Ari Driyaningsih.
 
Kepsek Ari, dalam laporannya, menyebutkan bahwa sebanyak 31 siswa yang diwisuda tahun ini terdiri dari sepuluh siswa jenjang Taman Kanak-kanak, tiga siswa jenjang Sekolah Dasar, delapan siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama, dan sepuluh siswa jenjang Sekolah Menengah Atas.
 
“Dari sepuluh wisudawan SMA, dua telah diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atas nama Ni Made Aoi Yoneyama yang diterima di Universitas Udayana Jurusan Ilmu Hukum dan Ida Bagus Made Yukiya Catur Manuaba di Universitas Indonesia Jurusan Matematika,” terang Ari.
 
Selain itu, lanjut Ari, prestasi akademis dan nonakademis siswa-siswi SRIT di berbagai perlombaan sangatlah membanggakan. “Saya ucapkan selamat dan bersyukur atas prestasi yang diraih. Terima kasih atas dukungan dan bimbingan orang tua, sehingga para siswa dapat meraih berbagai prestasi,” ungkap Ari.
 
“Terima kasih Bapak Ibu telah memilih SRIT sebagai tempat anak-anak belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan bakatnya,” tambah Ari.
 
Acara wisuda ini juga dihadiri secara virtual melalui Zoom Meeting oleh para wisudawan dan orang tua/wali yang telah kembali ke Indonesia dan dapat diakses pula pada kanal YouTube Sekolah Republik Indonesia Tokyo - Tokyo Indonesian School dengan tautan www.youtube.com/watch?v=1DPN4-Ca71k.
 
Prosesi wisuda dimulai dari jenjang TK dan seterusnya hingga jenjang SMA. Prosesi yang berlangsung secara khidmat ini menciptakan suasana haru dan bangga atas kelulusan para wisudawan. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan persembahan lagu dari para wisudawan.
 
Setelah prosesi wisuda usai, ulang tahun SRIT yang ke-60 pun dirayakan dengan tradisi pemotongan tumpeng serta kue ulang tahun. Para siswa mulai dari jenjang TK hingga SMA serta jajaran guru ikut memeriahkan acara dengan mempersembahkan beragam penampilan budaya Indonesia antara lain pencak silat, Tari Merak, Tari Jaipong, Tari Saman dan juga penampilan musik angklung.
 
Kepsek Ari mengapresiasi para siswa yang tampil dengan percaya diri dan menunjukkan yang terbaik di atas panggung, yang juga turut memeriahkan acara dengan menyanyikan lagu “Indonesia Jaya”. Perayaan ulang tahun SRIT ditutup dengan lagu “Selamat Ulang Tahun” dengan iringan angklung dan band.*** (Atdikbud Tokyo/ Lydia Agustina/ Seno Hartono)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1287 kali