Antusiasme Tinggi Warnai Sosialisasi Kampus Merdeka di Universitas Sulawesi Barat  13 Juli 2022  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek --- Sebanyak 180 peserta mengikuti acara bertajuk Kampus Merdeka Goes to Sulawesi Barat yang diselenggarakan secara daring dan luring di Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar), Senin (4/7). Acara ini diselenggarakan untuk memberikan pengenalan lebih jauh tentang Kampus Merdeka dengan program-program unggulan yang dapat diikuti oleh mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Dosen-dosen dan tenaga kependidikan di Universitas Sulawesi Barat sangat mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka,” ucap Rektor Unsulbar, Akhsan Djalalaluddin.

Ia menyampaikan bahwa sosialisasi ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari Unsulbar serta dari sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Kabupaten Majene. Sebanyak 87 peserta mengikuti acara secara luring, sementara peserta yang mengikuti acara secara daring berjumlah 93 orang.

Para peserta sosialisasi terlibat aktif dalam diskusi, dan hal ini menurutnya menunjukkan antusiasme warga Sulawesi Barat untuk mengenal program-program Kampus Merdeka serta bagaimana program-program ini berjalan.

“Antusiasme mereka yang mengikuti acara tersebut sangat tinggi sehingga terjadi diskusi yang cukup baik,” imbuhnya.

Unsulbar sendiri, terangnya, akan mengirimkan 100 orang mahasiswa dari berbagai program studi untuk belajar di perguruan tinggi terkemuka di Indonesia melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

“Saat ini Unsulbar telah siap mengirimkan kurang lebih 100 orang mahasiswa untuk belajar di universitas terkemuka, terutama di pulau Jawa dan pulau Sumatera,” kata Akhsan.

Wakil Ketua I Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Junaidi, mengharapkan melalui kegiatan ini lebih banyak orang mengenal program Kampus Merdeka dan tertarik untuk terlibat langsung di dalam program unggulan yang diselenggarakan. “Semoga tahun depan dapat membuahkan hasil,” ujar Junaidi.

Kampus Merdeka Goes to Sulawesi Barat menghadirkan perwakilan masing-masing program untuk memberikan paparan di hadapan para peserta. Mereka adalah Kepala Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Haryo Kusuma Wibawa; Kepala Program Praktisi Mengajar, Gamaliel Alexander Emil Waney; dan Kepala Program Kampus Mengajar, Asri Aldila Putri.

Selanjutnya Staf Komunikasi Wirausaha Merdeka, Bryan Erfanda Putra; Manajer Kerja Sama Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Ida Puspita; Manajer IISMA for Vocational Students, M. Alkadri Perdana; serta Supervisor Wilayah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Dyah Ayu Murniyati.

Selain paparan masing-masing program yang dipandu oleh dua dosen Unsulbar, pada kesempatan ini juga diselenggarakan Workshop Kurikulum MBKM oleh Anang Wahid Muhammad Diah sebagai Manajer Bidang Komunitas Duta Kampus Merdeka (DKM). (Tim Kampus Merdeka)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1956 kali