Pelantikan Pejabat, dari Dirjen Pendidikan Vokasi hingga Perubahan di Ditjen PAUD Dikdasmen  01 Juli 2022  ← Back

Jakarta, Kemendikbudristek ---Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, melantik Kiki Yuliati sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi). Sebelumnya, Kiki Yuliati menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Pelantikan berlangsung secara hibrida di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta, pada Kamis (30-6-2022).

Mendikburistek yang hadir secara daring menyampaikan pesan khusus kepada Kiki Yuliati terkait program pendidikan vokasi. Ia berharap Kiki dapat melanjutkan lima program unggulan yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek dalam menyelaraskan pendidikan vokasi dengan dunia industri. Kelima program unggulan tersebut adalah program sertifikasi kompetensi dan profesi mahasiswa vokasi, program fasilitasi magang mahasiswa vokasi, program wirausaha mahasiswa vokasi, program kreativitas mahasiswa vokasi, dan program pemberdayaan masyarakat desa.

Kiki Yuliati adalah seorang dosen tetap dengan jabatan akhir Lektor Kepala di Universitas Sriwijaya, Sumatra Selatan. Ia merupakan dosen program studi Ilmu Pertanian. Gelar master diperolehnya dari North Carolina State University, Amerika Serikat, pada tahun 1992. Kemudian pada tahun 1993, Kiki memperoleh gelar doktor dari Institut Pertanian Bogor.

Pada pelantikan tersebut, Mendikbudristek juga melantik Jumeri sebagai Widyaprada Ahli Utama pada Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen). Jumeri sebelumnya menjabat sebagai  Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen. Selain itu, Mendikbudristek juga melantik Yaswardi sebagai Widyaprada Ahli Utama pada Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK). Yaswardi sebelumnya menjabat sebagai  Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (GTK Dikmensus).

Kepada keduanya, Mendikbudristek memberi tugas untuk melakukan pemetaan mutu pendidikan, pendampingan, dan pembimbingan satuan pendidikan, supervisi pendidikan, dan pengembangan model penjaminan mutu pendidikan. “Komitmen Saudara-Saudara dalam menjalankan tugas-tugas tersebut tentunya akan mendukung akselerasi mutu pendidikan yang menjadi misi utama dari Merdeka Belajar,” ujar Menteri Nadiem.

Pelantikan kali ini juga berdampak pada struktur kepemimpinan di Ditjen PAUD Dikdasmen. Saat ini Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Iwan Syahril, menjabat juga sebagai Plt Dirjen PAUD Dikdasmen. Kemudian Muhamad Hasbi yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur PAUD, dilantik sebagai Direktur Sekolah Dasar. Kepada Muhamad Hasbi,  Mendikburistek berpesan agar ia melanjutkan dan memperluas jangkauan program unggulan Sekolah Penggerak. “Untuk menghadirkan akses lebih merata terhadap pendidikan yang berkualitas, koordinasi dengan pemerintah daerah juga perlu semakin diperkuat guna mewujudkan tujuan tersebut,” kata Mendikbudristek.

Selanjutnya, Sri Wahyuningsih yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur SD, dilantik sebagai Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kemudian Mulyatsyah yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur SMP, dilantik sebagai Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sumatra Barat. “Saya harapkan Bapak dan Ibu dapat mengembangkan kerja sama dan kolaborasi yang baik dengan pemerintah daerah dan masyarakat setempat, serta menangkap kearifan lokal sebagai jalan untuk memperkuat pelaksanaan strategi Kemendikbudristek di daerah,” ujar Mendikbudristek. (Desliana Maulipaksi)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 847 kali