IISMA Bekerja Sama dengan Universitas Jember Selenggarakan Pre-Departure Briefing  03 September 2022  ← Back



Jakarta, 3 September 2022 – Sebanyak 20 mahasiswa penerima beasiswa (awardee) Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) mengikuti acara Pre-Departure Briefing (PDB) pada Kamis (2/9) malam. Kegiatan persiapan keberangkatan ini terselenggara berkat kerja sama IISMA dengan Universitas Jember dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Praha, Republik Ceko. Ini adalah IISMA PDB ke-9 yang dilaksanakan untuk kawasan Eropa.
 
Para awardee, yang berasal dari 16 perguruan tinggi di Indonesia, akan menjalani perkuliahan selama satu semester di Palacký University Olomouc, Republik Ceko. Nantinya mereka akan menjadi angkatan kedua IISMA di universitas tersebut, setelah sebelumnya IISMA mengirimkan mahasiswa ke universitas yang sama di tahun 2021. Acara IISMA PDB bertujuan untuk memberikan informasi dan pengarahan kepada para awardee agar menjadi warga negara yang baik di negara penerima.
 
Sebagai tuan rumah IISMA PDB kali ini, Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna menyampaikan pesan kepada para peserta bahwa kegiatan PDB ini sangat penting untuk mengawali program IISMA agar para mahasiswa memiliki bekal untuk menjalani kehidupan di tempat baru. Dengan demikian diharapkan mahasiswa lebih mudah menyesuaikan diri dengan budaya di manapun berada untuk menunjang kelancaran mereka menjalankan program IISMA.
 
Dalam sambutan dan paparannya, Duta Besar Indonesia untuk Republik Ceko, Kenssy Dwi Ekaningsih, memberi pesan kepada seluruh awardee untuk selalu taat aturan dengan mengikuti birokrasi yang ada dan menghormati aturan sosial yang ada dalam lingkup masyarakat setempat dengan tetap memegang teguh nilai-nilai Indonesia.
 
“Selain itu, terkait pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, ketentuan di Ceko sudah sangat longgar. Orang sudah tidak lagi menggunakan masker. Keadaan di sini sudah mirip seperti saat sebelum Covid-19, meski masih ada pasien positif. Lapor diri dapat dilakukan secara daring setelah tiba di bandara. Untuk komunikasi bisa lewat perwakilan salah satu awardee IISMA, sehingga bisa kami bantu jika ada satu dan lain hal,” jelas Kenssy didampingi oleh Muhamad Tiefryan Fahlensyah selaku Sekretaris Pertama KBRI Praha.
 
Di akhir sambutannya, Kenssy mengajak seluruh awardee untuk membuat acara “Indonesia Night” di kampus saat akhir semester dalam rangka ajang promosi budaya Indonesia. Program IISMA merupakan bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui Koordinator Kerja Sama, Promosi dan Komunikasi IISMA 2022, Ida Puspita (081318852414).*** (Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1849 kali