Kemendikbudristek Apresiasi Komunitas dalam Mendukung Kebijakan Merdeka Belajar  26 September 2022  ← Back

Jakarta, 26 September 2022 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam memajukan pendidikan Indonesia. Pemuda Pelajar Merdeka menjadi salah satu komunitas yang aktif berkolaborasi dengan Kemendikbudristek dalam menyosialisasikan kebijakan Merdeka Belajar mulai dari Episode ke-1 hingga ke-22.

Untuk memudahkan masyarakat mengetahui berbagai kebijakan dalam Merdeka Belajar, Pemuda Pelajar Merdeka membuat dan meluncurkan Buku Merdeka Belajar Seri Kedua. Dalam peluncuran buku, pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbudristek, Anang Ristanto menyampaikan apresiasinya.

“Terima kasih kepada Pemuda Pelajar Merdeka yang sudah menerbitkan Buku Merdeka Belajar Seri Kedua. Semoga buku ini bisa memperkaya pengetahuan kita dan masyarakat umum tentang program-program Kemendikbudristek dalam Merdeka Belajar,” ujar Anang dalam peluncuran buku yang digelar secara hibrida (daring dan luring) di Jakarta, Senin (26/9).

Dikatakan Anang dalam acara, sebelumnya Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka telah menerbitkan buku Merdeka Belajar kesatu yang berisi rangkuman kebijakan Merdeka Belajar episode ke-1 sampai 10. Kali ini, lanjut Anang, buku yang diterbitkan berisi kebijakan Merdeka Belajar episode ke-11 hingga ke-20.

“Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Harapan kami agar kerja sama dengan teman-teman mahasiswa terutama yang tergabung dalam Pemuda Pelajar Merdeka dapat terus dilakukan, dan ilmu yang diperoleh bisa ditularkan kepada mahasiswa dan pemuda lainnya untuk memajukan pendidikan Indonesia,” harap Anang.

Rizal Maula, Koordinator Nasional Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka sekaligus penulis buku saku Merdeka Belajar berharap buku ini dapat membantu Kemendikbudristek dalam menyosialisasikan program Merdeka Belajar. “Kami juga berharap buku ini bisa memberikan pandangan peluang Gerakan Merdeka Belajar untuk semua masyarakat dalam memajukan pendidikan di Indonesia,” tutur Rizal.

Dalam kesempatan yang sama, Rizal mengajak seluruh generasi muda untuk dapat menyosialisasikan kebijakan Merdeka Belajar yang terangkum dalam buku. “Kebijakan-kebijakan dalam Merdeka Belajar yang terangkum dalam buku ini tentu sangat bermanfaat. Saya mengajak teman-teman untuk menyebarluaskan pengetahuan yang diperoleh hari ini dan dari Buku Merdeka Belajar Seri Kedua kepada teman-teman lainnya baik yang ada di kampus atau lingkungan lainnya,” ajak Rizal.

Sementara itu, Angga Fauzan, Chief Executive Officer (CEO) dan Co-Founder Myskill.id menyambut baik terbitnya buku Merdeka Belajar Seri Kedua. “Melalui buku ini teman-teman bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang kebijakan Kemendikbudristek dan pasti bisa bermanfaat,” ujar alumni Bidik Misi lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung.

Lebih lanjut disampaikan Angga, banyak program dalam Merdeka Belajar yang bisa dioptimalkan oleh mahasiswa seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). “Teman-teman bisa memanfaatkan program LPDP sehingga akan menimba ilmu yang jauh lebih dalam, lebih luas karena berkesempatan belajar di luar negeri,” jelas Angga.

Peluncuran buku dilanjutkan dengan diskusi bedah buku Merdeka Belajar Sesi Kedua. Turut hadir dalam acara yaitu anggota Pemuda Pelajar Merdeka, Kami Pengajar, Ibu Penggerak, dan sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta. Informasi seluruh kebijakan Merdeka Belajar dapat diketahui melalui laman https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id.





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI    
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#DemiKemajuan
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 614/sipers/A6/IX/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 565 kali