Pelepasan Kedua Peserta IISMA ke Irlandia, 24 Mahasiswa Belajar di Dua Kampus Terbaik  08 September 2022  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek – Sebanyak 24 penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) diberangkatkan Senin (5/9) dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta untuk belajar selama satu semester di Irlandia. Sebanyak 10 mahasiswa akan belajar di University College Dublin, dan 14 mahasiswa akan belajar di University College Cork. Pelepasan ini merupakan yang kedua untuk rombongan mahasiswa IISMA ke Irlandia. Sebelumnya ada 15 mahasiswa yang telah secara resmi diberangkatkan ke National University of Ireland, Galway.
 
Ketua Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya, menyampaikan pesan kepada para mahasiswa agar tetap menjaga semangat persatuan dan persaudaraan untuk menjadi kelompok intelektual yang kuat di masa mendatang. “Jagalah nama baik Indonesia dan buatlah Indonesia bangga karena Anda adalah wajah dari Indonesia,” ucapnya di Jakarta (5/9).
 
Perwakilan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud KBRI) London, Khairul Munadi, turut menghadiri acara pelepasan secara daring. Ia mengungkapkan bahwa kesempatan ini merupakan sebuah titipan dan amanat bagi para mahasiswa, sehingga mereka diharapkan dapat menjalani studi mereka dengan sebaik-baiknya.
 
“Saya percaya dengan semua yang sudah dibekali selama ini, adik-adik sudah memiliki tekad bulat untuk berhasil dalam program ini,” ucapnya.
 
Dalam kesempatan ini perwakilan mahasiswa ke UC Dublin, Lang Buana, dan perwakilan mahasiswa ke UC Cork, Revina Syifa Tiara, menyampaikan rasa terima kasihnya dan permohonan doa restu untuk keselamatan dan keberhasilan mereka ketika tiba di Irlandia sampai kepulangan kembali ke Indonesia. “Kami akan menanamkan bahwa kerja sama adalah kunci keberhasilan kami dalam menjalankan program ini,” ucap Lang Buana.
 
Mewakili orang tua mahasiswa, Ahmad Tri Hanuranto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendikbudristek dan pengelola program IISMA atas kesempatan yang diberikan kepada para mahasiswa untuk merasakan pengalaman yang luar biasa. “Ini merupakan kesempatan yang baik untuk meningkatkan wawasan dan meningkatkan employability di masa yang akan datang.
 
 “Kami sebagai orang tua sangat bangga akan prestasi dan pencapaian kalian. Tetap sehat, manage waktu, manage keuangan, dan manage relationship dengan sebaik-baiknya. Kami orang tua akan selalu merindukan dan menantikan kepulangan kalian pada akhir tahun nanti,” lanjutnya berpesan kepada mahasiswa.
 
Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor Universitas Negeri Semarang, Zaenuri, selaku perwakilan perguruan tinggi turut menyampaikan bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mengajarkan kepada semuanya bahwa ‘belajar berenang’ itu tidak perlu dari tepian, tetapi langsung ke tengah laut.
 
“Nantinya adik-adik inilah yang akan belajar seberapa berbedanya kehidupan akademik di luar negeri dibandingkan dengan di Indonesia, tetapi itulah tantangan yang akan adik-adik hadapi dan menjadi pembelajaran yang luar biasa bagi kalian semua,” tutupnya memotivasi peserta. Informasi lebih lanjut tentang IISMA dapat menghubungi Koordinator Kerja Sama, Promosi dan Komunikasi IISMA 2022, Ida Puspita (081318852414).*** (Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1394 kali