Perdana di Tahun 2022, IISMA Berangkatkan 15 Mahasiswa Menuju Irlandia  05 September 2022  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek – Sebanyak 15 penerima beasiswa (awardee)  Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) diberangkatkan menuju Irlandia, Sabtu (3/9) malam di terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Para mahasiswa akan belajar selama satu semester National University of Ireland, Galway. Ini merupakan pelepasan pertama untuk rombongan mahasiswa IISMA yang berada di kawasan Inggris dan Irlandia.

Ketua Program IISMA 2022, Rachmat Sriwijaya menyampaikan harapannya kepada para agar mahasiswa memiliki jiwa loyalitas yang tinggi bagi bangsa dan negara sehingga dapat berkarya semaksimal mungkin untuk bangsa dan negara.

“Kami memulai acara pelepasan ini dengan memutarkan lagu Berkibarlah Benderaku dan akan menutup dengan memutarkan lagu Bagimu Negeri, dengan tujuan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri awardees kami yang akan berangkat ke NUI Galway,” ujar Rachmat di Jakarta pada Sabtu (3/9).

Pada acara tersebut, mahasiswa menerima arahan dari sejumlah pihak, di antaranya dari pengelola program IISMA, perwakilan perguruan tinggi pengirim, Education in Ireland, serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (Atdikbud KBRI) London. Arahan ini diharapkan menjadi salah satu bekal utama dan pegangan bagi para mahasiswa untuk bisa beradaptasi dan menjalani program dengan baik.

Khairul Munadi selaku perwakilan Atdikbud KBRI London menyampaikan rasa bangganya melihat para mahasiswa yang akan mengikuti program ini. “Ini benar-benar terobosan bagi perguruan tinggi di Indonesia. Tidak saja terobosan dalam konteks Indonesia, tetapi di UK dan Ireland juga program ini menjadi perbincangan di berbagai universitas yang semakin familiar dengan IISMA dan juga antusias untuk mengikuti program yang bergengsi ini,” tutur Khairul.

Audrey Monalisa Nababan, salah satu awardee, mengungkapkan kebahagiaan sekaligus kekhawatirannya menjelang keberangkatan ke Irlandia. Berangkat dari latar belakang yang berbeda-beda, dan banyaknya tantangan yang harus dihadapi dari awal, Audrey berharap sesama peserta dapat saling membantu dan kompak.

“Rombongan IISMA NUI Galway merupakan representasi Unity in Diversity. Kami berterima kasih kepada IISMA atas kesempatan yang diberikan,” tuturnya.

Acara pelepasan ini juga menghadirkan perwakilan orang tua dari Wismantono, salah satu awardee dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak penyelenggara program IISMA karena program ini memberi kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk belajar menjadi pemimpin yang berwawasan global.

“Gunakanlah kesempatan yang baik ini untuk mencapai keseimbangan. Tidak hanya jalan-jalan, tetapi juga benar-benar belajar dengan baik, bertanya kepada teman-teman yang ada di sana untuk dapat segera melakukan adaptasi. Jangan sungkan bertanya, karena adik-adik harus dapat cepat menyesuaikan diri. Mewakili seluruh orang tua mahasiswa ini, kami mengucapkan selamat jalan dan salam sukses,” ucapnya.

Masyarakat dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui Koordinator Kerja Sama, Promosi dan Komunikasi IISMA 2022, Ida Puspita (081318852414).*** (Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1643 kali