IISMA Wujudkan Kolaborasi Nyata Antara Perguruan Tinggi Indonesia dan Amerika  15 Oktober 2022  ← Back



Jakarta, Kemendikbudritsek—Salah satu Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) mitra program Indonesian International Student Mobility Award atau dikenal dengan IISMA di Amerika, University of California Davis atau UC Davis, mendapatkan kesempatan untuk Courtesy Meeting dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 14 Oktober 2022 lalu.
 
Hadir dalam kesempatan tersebut Jacob Havier sebagai Director of Global Affairs, Anneli Adams sebagai Associate Dean, Michele sebagai Provost UC Davis yang diterima oleh Staf Khusus Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Stafsus Mendikbudristek), Pramoda Dei Sudarmo yang didampingi oleh A. N. Jessica Tenaga Ahli SKM, Ketua Program IISMA Rachmat Sriwijaya dan Koordinator IISMA Kawasan Amerika Lulu Farida.
 
Pertemuan tersebut berlangsung secara hibrida yakni di ruang rapat Mendikbudristek dan melalui teleconference yang dihadiri oleh Staf Ahli Mendikbudristek, Jony Oktavian dan Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Plt. Dirjen Diktiristek), Nizam.
 
Jacob menyampaikan rasa terima kasihnya kepada IISMA karena telah menjadi jembatan pengembangan jejaring kerja sama antara UC Davis dengan Perguruan Tinggi di Indonesia. “Sebelumnya, kami hanya memiliki lima perguruan tinggi mitra di Indonesia dan hampir saja hanya sekedar Sleeping MoU, tetapi dengan IISMA kami kemudian memiliki 10 perguruan tinggi mitra baru yang berkomitmen untuk mengimplementasikan kegiatan pada tahun 2023,” unglap Jacob.
 
Jacob melanjutkan bahwa pihaknya akan bertemu Universitas Islam Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada pada 17 Oktober 2022 untuk penjajakan kerja sama lebih lanjut.  
 
Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu gebrakan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim. Diungkapkan oleh Plt. Dirjen Dikti, Nizam bahwa IISMA merupakan satu-satunya program flagship MBKM yang mengirimkan ribuan mahasiswa melaksanakan kegiatan di luar kampus pada prodi yang berbeda di perguruan tinggi luar negeri.
 
“Dalam dua tahun ini, para rektor di perguruan tinggi selalu menyebutkan capaian jumlah mahasiswanya yang mengikuti IISMA sebagai bagian dari prestasi perguruan tinggi tersebut,” tutur Nizam saat membuka acara pertemuan dengan delegasi UC Davis.
 
UC Davis merupakan satu dari enam perguruan tinggi di Amerika Serikat yang menjadi mitra penyelenggara program IISMA sejak tahun 2021. Di tahun ini, IISMA memberikan full scholarship bagi seluruh awardee dan untuk mendapatkan beasiswa ini, mahasiswa pendaftar  harus bersaing dengan ribuan  pendaftar lainnya. Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya menyampaikan bahwa di tahun ini programnya hanya mengirimkan 1.155 peserta ke 72 host universities.
 
Dukungan dari Kedutaan Amerika pada kegiatan IISMA juga sangat terasa bagi IISMA. Rachmat Sriwijaya menceritakan bahwa IISMA mendapat kesempatan untuk mengikuti lunch meeting yang diselenggarakan oleh US Embassy pada 13 Oktober lalu di Hotel Hyatt Park, bersama dengan 23 Perguruan Tinggi dari Amerika. Kegiatan makan siang bersama tersebut juga membuka peluang bagi IISMA untuk memperkenalkan diri di Forum Connect and Collaboration yang diselenggarakan US Embassy dan USAID pada tanggal 18 Oktober di Hotel Century Park yang dihadiri oleh 10 perguruan tinggi dari Amerika dan 58 Perguruan Tinggi Indonesia.
 
“Hal ini tentu menjadi catatan penting bagi program IISMA untuk terus meningkatkan jumlah mitra dengan kualitas yang terus akan dijaga. Kami juga diminta untuk mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh US Embassy esok Sabtu tanggal 22 Oktober di Hyatt Park,” terang Rachmat.
 
Masyarakat dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui Tim Media dan Promosi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dengan alamat website: https://site.iisma.id, Instagram: @iisma_ri, Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards, YouTube: IISMA, serta Linkedin: Indonesian International Student Mobility Awards.*** (Tim MBKM/Editor: Denty A.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1079 kali