OASE KIM Usung Pendekatan Belajar dan Bermain Guna Kuatkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini  20 Oktober 2022  ← Back

Jambi, 20 Oktober 2022 --- Semangat Merdeka Belajar yang diserukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) disambut baik oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dengan menyelenggarakan kegiatan penguatan karakter Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Taman Pendidikan Alquran (TPA) CBC Mawaddah Warahmah, Kota Jambi pada Kamis (20/10).

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo selaku Pembina OASE KIM. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilangsungkan di Banten, Sragen, dan Labuan Bajo. Acara dimeriahkan 62 pelajar TPA CBC dan 20 pelajar TK Negeri Pembina II Jambi, dengan keseluruhan berjumlah 82 pelajar.

Dalam kesempatan ini, Ibu Negara didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta Para Ibu Ketua Bidang OASE menggelar simulasi cara membuang sampah yang benar dan praktik cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Setelah itu, Ibu Negara lanjut mengajak anak-anak belajar sambil bermain menggunakan alat peraga edukasi (APE) kepada anak-anak yang sangat antusias menjawab. Ibu Negara memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait flora dan fauna. Selain itu, Ibu Negara juga mengajak anak-anak bernyanyi, membagikan bingkisan, dan berfoto bersama.

Ketua Bidang I (Pengasuhan dan Pendidikan Karakter) OASE KIM, Franka Makarim, dalam kegiatan ini, menuturkan pentingnya mengemas pembelajaran bagi anak usia dini dan SD kelas 1,2, dan 3 dengan lebih menarik agar antusiasme anak tetap terjaga dalam menerima pembelajaran.

“Belajar sambil bermain merupakan kegiatan menyenangkan bagi anak. Ini efektif ketika kita ingin membuat anak tertarik melakukan penalaran kritis terhadap pembelajaran. Selain itu, aktivitas bermain bersama juga mendorong pembentukan karakter positif anak yang tentunya sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila,” ucap Franka yang mengaku senang bisa bertemu langsung dengan para pelajar dan guru di lokasi acara.

Franka menambahkan, pembentukan dan penguatan karakter anak PAUD harus dibentuk sejak dini dan agar sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila, yaitu: beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.  

“Itulah mengapa Ibu Negara berkomitmen terhadap upaya penguatan karakter anak dengan memberikan contoh membacakan dongeng kepada anak-anak setiap kali melakukan kunjungan kerja OASE KIM,” ucap Franka yang dalam kesempatan ini mewakili bidang I OASE KIM juga turut menyerahkan donasi berupa 50 paket buku untuk 25 satuan pendidikan dengan total 550 buku dan dua pojok baca untuk dua satuan pendidikan dengan masing-masing mendapatkan 200 buku. Adapun total buku yang diberikan adalah 950 buku bacaan bagi pelajar PAUD dan SD.

“Semoga donasi yang diberikan dapat bermanfaat bagi para pelajar dan guru-guru,” harap Franka.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI    
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id     
#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 655/sipers/A6/X/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 245 kali