Perguruan Tinggi Luar Negeri Apresiasi Program IISMA  14 Oktober 2022  ← Back



Padua, Italia, Kemendikbudristek—Perwakilan pengelola program Indonesian International Students Mobility Award (IISMA) berkesempatan untuk menyampaikan presentasi tentang IISMA di hadapan puluhan peserta International Staff Mobility Week di University of Padua, Italia. Pada kesempatan ini, sejumlah perguruan tinggi mitra memberikan apresiasi terhadap program IISMA yang merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar.
 
"IISMA memberikan inspirasi dengan konsep Merdeka Belajar yang dapat diadopsi untuk program mobilitas internasional di Eropa,” ucap Dora Logoni, Head of International Relations University of Padua.
 
Di University of Padua sendiri terdapat 35 orang penerima beasiswa IISMA. Selain mengapresiasi program, perguruan tinggi mitra IISMA juga memberikan apresiasi terhadap para peserta IISMA yang dinilai unggul dalam perilaku, relasi sosial, dan kompetensi akademik.
 
International Staff Mobility Week diselenggarakan pada 12—14 Oktober 2022. Kegiatan ini mempertemukan perwakilan dari berbagai konsorsium Mobilitas Internasional di wilayah Eropa dan Inggris, sebagai sebuah wadah untuk berbagi praktik baik kegiatan mobilitas internasional secara global. Pada kesempatan ini, hadir Dian Sari Utami selaku Koordinator Kawasan Eropa.
 
“Diundangnya IISMA dalam kegiatan International Staff Mobility Week ini menunjukan bahwa program IISMA telah diakui oleh komunitas akademik internasional sebagai salah satu program mobilitas internasional mahasiswa yang memiliki keunggulan global,” ucap Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, dalam kesempatan terpisah.
 
Acara International Mobility Staff Week ini dibuka secara resmi oleh Cristina Basso, Vice-Rector for International Relations, University of Padua. “Pertemuan ini sangat penting sebagai media bertemu, berdiskusi dan bertukar informasi praktik-praktik terbaik dari bentuk-bentuk mobilitas internasional di berbagai perguruan tinggi Eropa, Australia, dan Indonesia,” ucap Christina dalam sambutannya.
 
Konsorsium yang terlibat dalam kegiatan ini di adalah European Commission, Erasmus+ Project, Monash University, The University of Sydney, Forthem Alliance, Civis Alliance, Arqus European University, Justus-Liebeig University Giessen Germany, Support Center Inclusive Higher Education, Venice International University, serta University of Padua sebagai tuan rumah. Beberapa perguruan tinggi mitra IISMA 2022 juga turut hadir seperti KU Leuven, University of Zagreb, dan University of Limerick.
 
“Berbagai bentuk mobilitas internasional yang dijalankan di Eropa dengan pembiayaan dari Erasmus+ dan Uni Eropa memberikan inspirasi untuk pengelolaan dan pengembangan sistem mobilitas internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) seperti Program IISMA dengan dukungan pendanaan dari LPDP,” kata Dian.*** (Tim MBKM/Editor: Denty A.)
 
Masyarakat dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui:
Tim Media dan Promosi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
Website: https://site.iisma.id
Instagram: @iisma_ri
Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards
YouTube: IISMA
Linkedin: Indonesian International Student Mobility Awards
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 815 kali