Sekolah Indonesia Cairo Berpartisipasi dalam International Children Festival 2022  26 Oktober 2022  ← Back



Kairo, Kemendikbudristek
--- Para pelajar Sekolah Indonesia Cairo menjadi Duta Budaya dalam acara International Children Festival 2022 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga Republik Arab Mesir. Dalam acara tersebut, siswa dan siswi Sekolah Indonesia Cairo menampilkan budaya Indonesia dalam dua pertunjukan, yaitu  Tari Tor-Tor dan Silat.

International Children Festival 2022 berlangsung selama lima hari, yakni pada 15 s.d. 20 Oktober 2022 di Museum Nasional Peradaban Mesir. Para pelajar Sekolah Indonesia Cairo tampil dua kali dalam ajang internasional tersebut, yaitu pada  upacara pembukaan, 15 Oktober 2022, dengan menampilkan Tari Tor-Tor, dan pada upacara penutupan, 20 Oktober 2022, dengan mempertunjukkan kesenian bela diri silat.

Festival Anak Internasional di Mesir ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya dan menjadi kesempatan yang kedua bagi delegasi Sekolah Indonesia Cairo untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. International Children Festival 2022 dihadiri oleh 14 negara, di antaranya India, Pakistan, Indonesia, Lithuania, Rusia, dan Mesir. Partisipasi Sekolah Indonesia Cairo menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi delegasi Indonesia dalam mengenalkan budaya Indonesia di luar negeri.

Wakil Kepala Sekolah Indonesia Cairo bagian Humas, Nur Fitriyah, mengatakan, International Children Festival menjadi ajang internasional yang sangat bagus bagi peserta didik Sekolah Indonesia Cairo karena mereka bisa berbagi wawasan tentang budaya, social, dan pariwisata Indonesia dengan anak-anak dari negara lain. Selain itu mereka dapat mempraktikkan dan mengasah kemampuan berbahasa Inggris dalam menjalin komunikasi dengan peserta lain yang berbeda negara.

Keikutsertaan dalam ajang internasional ini juga menjadi pengalaman berkesan dan direspons positif oleh peserta didik  Sekolah Indonesia Cairo. Kepala OSIS Sekolah Indonesia Cairo, Naira Shazia Admiral mengatakan, International Children Festival 2022 merupakan acara yang sangat keren dan unik. “Kita bisa ketemu dengan banyak orang dari berbagai macam negara, dan bisa melihat penampilan-penampilan budaya dari negara lain yang keren-keren,” katanya.

Siswi lain, Alayya Alifya, mengungkapkan kesenangannya karena bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. “Selain itu, saya jadi punya lebih banyak teman dari berbagai negara dan berbagai ras yang berbeda. Saya juga banyak belajar tentang budaya,bahasa, dan tarian khas negara tersebut. Itu adalah salah satu moment yang luar biasa dalam hidup saya, dan saya berharap bisa mengikuti kegiatan luar biasa seperti ini lagi,” tuturnya.

International Children Festival 2022 juga dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Cairo, Bambang Suryadi, Koordinator Fungsi Pendidikan, Sosial, dan Budaya, Dr. Rahmat Laming Lasim, dan Kepala Sekolah Indonesia Cairo, Ismail Nur, yang menyaksikan pertunjukan budaya dari siswa/siswi Sekolah Indonesia Cairo. (Desliana Maulipaksi)
Sumber : Sekolah Indonesia Cairo

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2233 kali