UMKM Milik Satuan Pendidikan Vokasi Jadi Salah Satu Terbaik Peraih Apresiasi Gernas BBI  21 Oktober 2022  ← Back

Polewali Mandar, 21 Oktober 2022—Acara Puncak/Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022 di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar), Kamis (20/10) memamerkan 40 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terpilih hasil kurasi Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat dan Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM Provinsi Sulbar.

Dalam acara tersebut, terpilih lima UMKM terbaik yang telah mendapatkan pelatihan intensif dalam bidang digital serta peningkatan kualitas dan daya saing, yaitu Mandar Sutera, Lulur Hitam Mandar, CV. Maraqdia Putra Agung, Sumaro/Canteen APHP SMKI, dan ALIBE.

Salah satu perwakilan lima terbaik yang berasal dari satuan pendidikan vokasi adalah Mahmud dari Sumaro/Canteen APHP SMKI. Mahmud menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, banyak ilmu dan pengalaman yang didapat, terutama dalam hal digitalisasi usaha.

“Saya yakin bahwa acara ini dapat membantu pemulihan dan bahkan peningkatan ekonomi, khususnya para pelaku UMKM dan Satuan Pendidikan Vokasi,” ujarnya.

Untuk meningkatkan hasil produknya, Mahmud melakukan inovasi pada pengemasan dan pemasaran melalui digital marketing. “Setelah ini, kami berusaha untuk melakukan inovasi terhadap produk terutama pada varian produk dan varian rasa dengan mengutamakan bahan baku nonberas dan gandum. Yang kedua, pemasaran akan dilakukan lebih dari satu marketplace agar jangkauan pasarnya lebih luas,” jelas Mahmud.

Nur Amalia selaku perwakilan dari Mandar Sutera menyatakan bahwa acara Gernas BBI ini sangat bagus karena memberikan dampak yang baik, khususnya untuk banyak UMKM agar bisa memperkenalkan produk yang mereka hasilkan.

“Bagi kami, kegiatan ini sangatlah besar terutama dari segi promosi dan ini membantu kami agar produk kami lebih bisa dikenal lagi,” jelasnya yang sudah merintis usaha fesyen sejak tahun 2013.





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id     

#MerdekaBelajar
#VokasiKuatMenguatkan Indonesia
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 659/sipres/A6/X/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 439 kali