Belmawa Kunjungi Program IISMA di Hanyang University dan Korea University  21 November 2022  ← Back

Seoul, Kemendikbudristek – Delegasi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkunjung ke mitra program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yakni Hanyang University dan Korea University, Jumat (4/11). Delegasi dipimpin oleh Pelaksana tugas Direktur Belmawa, Sri Gunani Partiwi. Pada kunjungan ini, selain bertemu dengan tim pengelola IISMA di dua universitas tersebut, Sri juga memaparkan beberapa potensi program kerja sama lainnya dalam bidang pertukaran mahasiswa dengan Hanyang University dan Korea University diluar program IISMA yang dikelola oleh Belmawa.

Sri memberikan apresiasi kepada jajaran pimpinan di Hanyang University dan tim yang telah memfasilitasi program IISMA dengan sangat baik sehingga para mahasiswa dapat menimba ilmu, baik di dalam kelas maupun pengalaman di luar kelas, di Hanyang University.

“Kami bersyukur mendengar umpan balik dari manajemen Hanyang University bahwa para mahasiswa IISMA aktif dan berprestasi. Mereka cepat beradaptasi dengan lingkungan dan memberikan warna tersendiri karena cukup menonjol dalam perkuliahan,” ungkap Sri.

Senada dengan Sri, Vice President for International Affairs, Hanyang University, Chong Seung Yoon juga menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kepercayaan Kemendikbudristek kepada Hanyang University.

Mahasiswa Indonesia dalam program IISMA sangat bagus performanya, baik dalam bidang akademik dan non-akademik dengan sejumlah prestasi dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Mahasiswa Indonesia pada umumnya juga mandiri dalam menyelesaikan tantangan atau masalah selama belajar di sini jika dibandingkan dengan beberapa mahasiswa asing dari negara lainnya,” ucap Yoon dalam sambutannya.
 
Agenda kunjungan kali ini meliputi lawatan ke Museum Hanyang University, diskusi program IISMA dengan jajaran pimpinan, melihat video hasil karya mahasiswa IISMA dalam rangka “Heroes Challenge” yang kali ini untuk memperingati Hari Pahlawan, penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kemendikbudristek dan Hanyang University, serta diskusi dengan 50 mahasiswa IISMA yang berasal dari 26 perguruan tinggi di Indonesia.

“Hanyang University merupakan universitas mitra yang mendapatkan jumlah pendaftar yang paling tinggi pada program IISMA 2022. Kami juga senang dapat melihat hasil karya mahasiswa dalam bentuk video, di mana 50 mahasiswa ini memiliki peran masing-masing, saling membantu dan memanfaatkan potensi diantara mereka dan fasilitas kampus secara mandiri tanpa bantuan pihak ketiga dalam pembuatan videonya,” kata Sri.
 
Di hari yang sama, delegasi Belmawa lanjut mengunjungi Korea University (KU) membawa agenda yang sama. Saat sesi diskusi dengan pimpinan Korea University, Sri memaparkan bahwa Korea University merupakan salah satu mitra yang mendapatkan jumlah mahasiswa IISMA terbanyak karena peminatnya termasuk yang tertinggi diantara perguruan tinggi mitra lainnya di dunia.
 
“Kami bersyukur bahwa mahasiswa sangat senang dapat belajar di KU dan merasa sangat puas dengan penerimaan serta fasilitasi yang diberikan oleh KU. Bahkan para mahasiswa merasa seperti mendapatkan perlakuan khusus. Dalam hal akademik, mahasiswa juga tidak mengalami persoalan berarti, bahkan beberapa mahasiswa IISMA cukup aktif dan menonjol dalam beberapa kegiatan,” tutur Sri.
 
Hikyoung Lee, Vice President for International Affairs, Korea University, menyampaikan bahwa program IISMA merupakan program yang istimewa di Korea University dan mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk kedua kalinya menjadi mitra dalam program ini. “Tim pengelola IISMA di KU berusaha memberikan pelayanan terbaik pada para mahasiswa IISMA,” ujar Lee.
 
Dalam sesi diskusi dengan 50 mahasiswa IISMA yang 22 perguruan tinggi di Indonesia, Sri memberikan motivasi agar mereka dapat memanfaatkan kesempatan yang luar biasa ini untuk mengembangkan potensi akademik dan jejaring mereka di luar negeri. Para mahasiswa juga melaporkan kegiatan dan prestasi mereka selama belajar di KU, diantaranya berpartisipasi dalam kegiatan bagi mahasiswa domestik dan internasional di KU.
 
Di kesempatan terpisah, Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menyampaikan rasa syukurnya bahwa delegasi Belmawa dapat berkesempatan menengok program IISMA di dua universitas mitra di Korea Selatan sehingga dapat meninjau secara langsung kegiatan para mahasiswa di sana dan sejumlah prestasi mereka, serta layanan yang diberikan oleh Hanyang University daan Korea University. (Tim MBKM/Vicka)

Informasi lebih lanjut:
Ida Puspita (081318852414): Koordinator Kerja Sama, Promosi dan Komunikasi IISMA 2022
 
Tim Media dan Promosi
Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
 
Website: https://site.iisma.id
Instagram: @iisma_ri
Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards
YouTube: IISMA
Linkedin: Indonesian International Student Mobility Awards
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2508 kali