Dukung Sail Tidore 2022, Kemendikbudristek Terus Upayakan Terwujudnya Pemajuan Kebudayaan  28 November 2022  ← Back

Tidore Kepulauan, 27 November 2022 ---  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut berpartisipasi dalam Festival Sail Tidore 2022 yang berlangsung pada 24—29 November 2022 di Pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Dalam Sail Tidore 2022, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan melanjutkan upaya pemajuan kebudayaan sebagai dukungan program strategis nasional.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra menuturkan, Sail Tidore 2022 merupakan salah satu bentuk dari implementasi Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, yaitu melestarikan dan memajukan objek pemajuan kebudayaan. “Tidore merupakan wilayah kaya hasil alam dan kebudayaan, di antaranya rempah dan musik tradisi yang termasuk dalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB),” ujar Mahendra di sela-sela pelaksanaan Sail Tidore 2022, Sabtu (26/11/2022).

Mahendra menjelaskan, Tidore adalah salah satu Global Network of Magellan Cities (GNMC), yaitu jaringan kota-kota dunia yang terhubung dengan ekpedisi Ferdinand Magellan ketika mengelilingi dunia pada abad ke-16. Hal tersebut, lanjutnya, selaras dengan tema yang diangkat pada penyelenggaraan Sail Tidore 2022, yaitu “Tidore: Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa”.

Mahendra mengungkapkan, sebagai wujud dukungan suksesnya Sail Tidore 2022, Kemendikbudristek menggelar pertunjukan seni dan budaya yang dikemas dalam beberapa agenda, antara lain Nonton Bareng Film Indonesia. Dua film Indonesia yang ditonton bareng adalah Yo Wis Ben, pada 24 November, dan Selegram, pada 27 November.

Selain itu Kemendikbudristek juga menghadirkan pertunjukan band Marasante. Band Marasante adalah suatu grup anak-anak muda asal Tidore yang mengolaborasikan musik tradisi Tidore dengan kontemporer. Pertunjukan mereka berlangsung saat pembukaan Sail Tidore 2022 oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, pada Sabtu (26/11).

Mahendra mengatakan, untuk pentas budaya Kemendikbudristek juga mempertunjukkan orkestra keroncong Svaranusa yang berkolaborasi dengan penyanyi Evan Loss, dan penampilan grup musik pop Indonesia, Armada.

“Semoga kegiatan Sail Tidore 2022 dapat menjadi momentum pertumbuhan ekonomi, kebudayaan, pariwisata, serta percepatan pembangunan di Tidore dan Maluku Utara,” kata Mahendra.

Dalam sambutan pembukaan Sail Tidore 2022, Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan berharap, Tidore dapat menjadi daerah pemajuan  ekonomi dan budaya, khususnya di Indonesia bagian timur. “Juga dapat meningkatkan kekayaan maritim Indonesia dengan potensi alamnya yang amat besar. Sail Tidore 2022 menunjukkan bukti komitmen pemerintah mendukung percepatan pemulihan pariwisata dan mengembangkan kebudayaan,” ujar Luhut.

Ia menambahkan, Kota Tidore memiliki beragam pesona, dimulai dari warisan budayanya, sejarah, hingga alam bahari, sekaligus menyimpan banyak ‘harta karun’ unik. Selain Luhut, Festival Sail Tidore 2022 juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, serta jajaran pejabat pemerintah lainnya.






 
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
 
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id
 
 
#MerdekaBelajar
#SailTidore
#PemajuanKebudayaan
#BudayaSaya
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 753/sipers/A6/XI/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 792 kali