IISMA Ramaikan Pameran Edukasi Uni Eropa 2022  18 November 2022  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek - Setelah absen selama beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, Uni Eropa kembali mengadakan pameran edukasi dengan tajuk “European Higher Education Fair” di Jakarta (5 - 6 November 2022) dan Surabaya (8 - 9 November 2022). Pameran dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nizam di Menara Astra, Jakarta (5/11).
 
“Ini adalah kesempatan yang baik bagi dosen dan mahasiswa di Indonesia untuk mencari informasi peluang studi lanjut dan beasiswa untuk melanjutkan studi ke negara-negara di Uni Eropa. Acara ini juga menjadi ajang mengembangkan jejaring kerja sama antar perguruan tinggi di Indonesia dan Uni Eropa,” ujar Nizam.
 
Hal senada disampaikan oleh Vincent Piket, Duta Besar Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam. Vincent mengatakan, “Ada banyak hal positif dari pengalaman belajar dan tinggal di Eropa, di antaranya dapat memperluas jejaring internasional, menumbuhkan beragam karakter positif, seperti kepercayaan diri, tanggung jawab, dan kemandirian.”
 
Pameran edukasi yang disingkat EHEF ini menjadi kegiatan yang banyak dinantikan masyarakat Indonesia karena melalui pameran ini masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi berbagai universitas, jurusan, bahkan kesempatan beasiswa di negara-negara Uni Eropa. Tidak hanya stan universitas-universitas terbaik Uni Eropa yang ditampilkan, sesi gelar wicara dari berbagai perwakilan negara pun turut menyemarakkan kegiatan ini.
 
IISMA menjadi satu-satunya program beasiswa dari Indonesia yang diberi kesempatan mengisi sesi gelar wicara di EHEF. Uni Eropa menjadi kawasan dengan jumlah penerima beasiswa IISMA terbesar yang mencapai 30% dari total penerima beasiswa IISMA. Tak heran pameran ini juga menjadi ajang mahasiswa Indonesia yang tertarik mengikuti program IISMA untuk menggali lebih dalam informasi tentang negara maupun universitas yang bisa mereka pilih saat pendaftaran dibuka pada tahun 2023 mendatang.
 
Di gelar wicara, tim IISMA memperkenalkan program kepada para mahasiswa dan perwakilan universitas Uni Eropa yang hadir dengan harapan dapat menjadi mitra IISMA di tahun depan. Sebagai satu-satunya stan program beasiswa asal Indonesia dari total 66 stan, IISMA selalu menarik perhatian pengunjung.
 
“Keikutsertaan program IISMA kali ini adalah ketiga kalinya selama tahun 2022 dalam pameran EHEF di Jakarta mewakili institusi dari Indonesia. Ini membuktikan adanya pengakuan pemerintah dan kampus Eropa terhadap program IISMA sebagai salah satu program yang dipandang berkualitas,” pungkas Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya.
 
Pameran ditutup secara daring pada Rabu (9/11), di mana program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) diberi kesempatan mengisi gelar wicara bersama perwakilan dari Prancis. (Tim MBKM/Vicka)

Informasi lebih lanjut:
Ida Puspita (081318852414): Koordinator Kerja Sama, Promosi dan Komunikasi IISMA 2022.
 
Tim Media dan Promosi
Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
 
Website: https://site.iisma.id
Instagram: @iisma_ri
Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards
YouTube: IISMA
Linkedin: Indonesian International Student Mobility Award
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1670 kali