Online Info Session IISMA 2023 kepada Mitra di Australia dan Selandia Baru  18 November 2022  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek - Setelah sukses menyelenggarakan program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) pada tahun 2022, IISMA kembali membuat agenda untuk mempererat kerja sama dengan mitra luar negeri melalui kegiatan online info session. Kegiatan online info session IISMA 2023 Kawasan Australia dan Selandia Baru dilaksanakan pada Selasa (8/11), secara daring dan diikuti oleh 54 universitas, Technical and Further Education (TAFE), politeknik, dan sekolah kejuruan, serta perwakilan pejabat di kedutaan Indonesia, Australia dan Selandia Baru.

Acara ini dilaksanakan sebagai selebrasi kerja sama yang telah terjalin antara IISMA dengan berbagai pihak di Kawasan Australia dan Selandia Baru, sekaligus bentuk persiapan koordinasi IISMA 2023 antara pelaksana IISMA Kawasan Australia dan Selandia Baru dengan berbagai pihak penting di kawasan. Australia dan Selandia Baru adalah dua negara yang memiliki kebijakan penutupan perbatasan internasional paling lama sejak awal pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Meskipun perbatasan internasional Selandia Baru tetap ditutup untuk semester pertama tahun 2022, IISMA akhirnya dapat memfasilitasi 134 mahasiswa Indonesia terpilih untuk belajar di universitas terbaik Australia dan TAFE.

Acara online info session IISMA 2023 dihadiri oleh perwakilan Departemen Pendidikan Kedutaan Besar Australia di Indonesia; perwakilan Kedutaan Besar Selandia Baru di Indonesia; Rodney Commerford, Komisaris Perdagangan dan Investasi Australia untuk Indonesia; Ben Burrowes, Direktur Regional Education New Zealand untuk Asia; universitas dan politeknik di Kawasan Australia dan Selandia Baru, serta perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Australia.

Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, mengatakan pada sambutannya bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang monumental karena dihadiri oleh banyak mitra dari Australia dan Selandia Baru yang hadir.  “Kami berharap partner IISMA bertambah banyak dan awardee yang berangkat juga bisa lebih banyak pada tahun 2023 mendatang. Saya mengucapkan terima kasih karena program ini sudah diterima dengan baik dan juga dukungan yang diberikan pada kami. Kami sangat berbahagia sekali menyambut Anda sekalian,” ujar Rachmat.
 
Tahun 2023 ini tidak hanya menandai komitmen IISMA untuk tahun depan, tetapi juga menunjukkan kemitraan yang kuat antara IISMA dengan pemerintah dan universitas asing. Rodney menyampaikan bahwa ia sangat senang karena telah sukses bekerjasama dengan IISMA untuk mengirim mahasiswa belajar di Australia pada tahun ini. Menurutnya, hal ini menunjukan sikap yang positif karena mahasiswa Indonesia tertarik untuk belajar di kampus yang ada di Australia.
 
“IISMA adalah salah satu program yang baik untuk menjalin kerja sama dan kolaborasi. Kami berharap Australia dan Indonesia bisa terus bekerjasama dalam bidang pendidikan dan pelatihan karena hal ini adalah investasi yang baik untuk mencapai human development goals. Berbagai institusi Australia yang bergabung pada acara sore ini menunjukkan minat positif dari Australia untuk membantu mencapai tujuan pembangunan manusia di Indonesia melalui program IISMA,” kata Rodney.
 
Pada kesempatan ini, Direktur Regional Education New Zealand untuk Asia, Ben Burrowes, juga menyampaikan bahwa Selandia Baru sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan dan sangat menyambut baik mahasiswa Indonesia. Ia juga menyebutkan walaupun kemitraan pendidikan Selandia Baru dan Indonesia terganggu oleh pandemi Covid-19, lembaganya akan tetap mendukung semua mahasiswa Indonesia yang akan mengikuti program studi IISMA di luar negeri tahun depan.

“Kami sangat senang dan akan menyambut mahasiswa dari Indonesia. Kami memiliki prinsip value, innovative, sustainable, diverse, and resilient international education dan sangat beruntung bisa bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan sejak 2013. Dengan program ini, kami berharap kerja sama ini dapat bertahan lama. Kami juga berharap dengan bertambahnya program vokasi di IISMA dapat menambah kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar sesuai dengan keahliannya. Education New Zealand berkomitmen penuh dengan IISMA di Selandia Baru dan berharap hubungan pendidikan bilateral Selandia Baru-Indonesia akan semakin kuat melalui IISMA 2023,” papar Ben.

Setelah sambutan, agenda dilanjutkan dengan presentasi program IISMA jalur sarjana dan vokasi oleh Hilda Cahyani, lalu sesi tanya jawab. Putri Agritansia, Koordinator IISMA untuk Australia dan Selandia Baru, menjelaskan bahwa dengan penggabungan antara program sarjana dan kejuruan IISMA pada tahun 2023, pihaknya perlu berkoordinasi dengan mitra utama di kedua negara untuk memastikan bahwa IISMA 2023 terencana dengan baik sehingga mahasiswa IISMA dapat difasilitasi dengan lebih baik dalam perjalanan IISMA mereka di Australia dan Selandia Baru. "Untuk mencapai hal tersebut, IISMA memahami pentingnya menjaga hubungan baik dengan pemerintah Australia dan Selandia Baru serta Kedutaan Besar Indonesia di kedua negara," ucap Putri. (Tim MBKM/Vicka)
 
Tim Media dan Promosi
Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
 
Website: https://site.iisma.id
Instagram: @iisma_ri
Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards
YouTube: IISMA
Linkedin: Indonesian International Student Mobility Awards
 
#IISMA2022
#BeyondBorder
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3644 kali