Program IISMA Berpartisipasi dalam Education USA Fair di Jakarta  11 November 2022  ← Back

Jakarta, Kemendikbudristek—Tim pelaksana program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan mahasiswa peserta IISMA mengikuti kegiatan pameran beasiswa dan perguruan tinggi Amerika Serikat bertajuk “Graduation Fair Indonesia 2022 Exhibition & Informational Session” yang diselenggarakan Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia pada Sabtu, 22 Oktober 2022 di Hotel Park Hyatt Jakarta. Tim ini memperkenalkan program secara langsung kepada 700 peserta pameran yang hadir.

“Program IISMA telah diakui oleh banyak pihak tidak hanya perguruan tinggi di Amerika, namun juga pemerintah Amerika sebagai program yang unik dan inovatif. Selain itu, penerima beasiswa (awardee) IISMA juga telah dipandang mempunyai keunggulan yang setara dengan mahasiswa asing lainnya dari berbagai penjuru dunia yang studi di perguruan tinggi Amerika,” terang Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya.

Pameran “Graduation Fair Indonesia 2022 Exhibition & Informational Session” merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara Education USA Fair yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 13 Oktober. Acara yang ditujukan untuk khalayak umum ini bertujuan untuk mempromosikan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya di perguruan tinggi di Amerika Serikat. Dalam pameran tersebut juga terdapat beragam sesi talk show yang membahas seputar persiapan studi dan manfaat menempuh pendidikan di Amerika yang bisa diperoleh mahasiswa Indonesia.

Di antara sekian peserta pameran yang berasal dari perguruan tinggi di Amerika Serikat, IISMA yang menjadi salah satu peserta yang turut meramaikan kegiatan Education USA Fair di Booth Kemendikbudristek. Dalam pameran tersebut, tim perwakilan IISMA yang bertugas memberikan penjelasan dan menjawab berbagai pertanyaan mengenai program IISMA kepada peserta kegiatan yang datang ke booth dan tertarik dengan program IISMA.

Sebagai salah satu program flagship Kampus Merdeka, IISMA di tahun 2022 telah memberangkatkan 109 mahasiswa ke 7 universitas mitra terkemuka di Amerika mulai dari University of Pennsylvania, UC Davis, Boston University, hingga Michigan State University yang juga turut menjadi peserta di kegiatan Education USA Fair ini. Selain IISMA, beberapa program unggulan lainnya yang memberikan kesempatan untuk belajar di Amerika seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Fulbright juga turut serta dalam kegiatan ini.

Deputy Chief of Mission, Michael Kleine dari Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia yang membuka Kegiatan Education USA Fair menyampaikan bahwa Amerika terbuka untuk mahasiswa Indonesia yang ingin studi di luar negeri. “Kesempatan ini tidak boleh terlewat karena banyak kesempatan berharga selama belajar di negara lain khususnya tentang budaya baru dan mengenal lebih diri Anda selama proses adaptasi," ujar Michael.  

Kegiatan Education USA Fair ini diselenggarakan secara luring dengan tiga sesi, yaitu Info Session 1, Graduate Education Fair, dan Info Session 2. Info Session pertama mengenai materi IELTS disampaikan oleh British Council. Sementara untuk sesi studi ke Amerika dan beasiswa disampaikan oleh LPDP. Kegiatan dilanjutkan dengan pameran pendidikan yang berlangsung di Ballroom Park Hyatt Hotel dan diakhiri dengan Info Session kedua mengenai TOEFL dan Beasiswa Fulbright.* (Tim MBKM/Editor: Denty A.)



Tim Media dan Promosi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
Website: https://site.iisma.id
Instagram: @iisma_ri
Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards
YouTube: IISMA
Linkedin: Indonesian International Student Mobility Awards
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1115 kali