Tales from around the World Edisi Eropa: Secuplik Pengalaman Mahasiswa Indonesia di Benua Eropa  24 November 2022  ← Back



Eropa, Kemendikbudristek -- Program IISMA memberikan beberapa kegiatan bagi para awardeenya selama mereka berkuliah di luar negeri. Salah satunya adalah Program Tales from around the World, di mana para mahasiswa IISMA membagikan cerita pengalaman mereka selama belajar di luar negeri. Program ini dilakukan di lima Kawasan Program IISMA, Australia, Uni Eropa, Asia, Inggris dan Irlandia, serta Amerika.
 
Pada September lalu, kegiatan Tales from around the World diselenggarakan oleh para awardee IISMA dari Kawasan Australia. Kini, giliran para awardee dari Uni Eropa yang menyelenggarakan kegiatan serupa pada 13 November 2022 lalu. Mereka berbagi informasi yang berhubungan dengan pengalaman mereka selama menjalani pendidikan luar negeri, baik yang bersifat akademik maupun non akademik, salah satunya adalah pengalaman budaya.

Dalam sambutannya, Wakil Duta Besar Indonesia di Belgia, Sulaiman Syarif, menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan bercerita ini. “Saya menyampaikan apresiasi bagi rekan-rekan panitia dari IISMA yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan yang sangat menarik ini,” ungkapnya.
 
Senada dengan hal tersebut, Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya juga berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini, mobilitas mahasiswa ataupun calon mahasiswa generasi muda Indonesia untuk belajar di luar negeri semakin meningkat.
 
Selain mahasiswa Program IISMA, mahasiswa Indonesia program lainnya juga dapat ikut berpartisipasi. Acara ini dilaksanakan dengan format online talkshow atau Zoominar yang mengedukasi sekaligus menceritakan dampak positif yang dirasakan, mulai dari para pembicara yang terdiri dari perwakilan awardee IISMA dan perwakilan mahasiswa Indonesia program lainnya di negara atau kawasan setempat.
 
Kegiatan yang bertemakan diseminasi informasi secara interaktif dan sosialiasi kegiatan Program IISMA ini dirasa penting untuk dilakukan sebagai bentuk upaya peningkatan publisitas Program IISMA itu sendiri. Selain itu, secara umum, kegiatan ini juga dapat memberikan ruang bagi penerima penghargaan IISMA dan para pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di luar negeri, khususnya di Uni Eropa, untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan cerita inspiratif kepada para pelajar di Indonesia.

Dalam sesi berbagi ceritanya, Christin Nebore, awardee dari Universitas Airlangga berpesan, “Hidup ini bukan balapan. Kita berada di garis start yang berbeda. Cara kita berbeda untuk mencapai garis finish dan perbedaan itulah yang membentuk kita menjadi pribadi sebagaimana kita ada nanti.”
 
Pada Edisi Eropa ini, tema yang diangkat adalah “A Glimpse of Europe” untuk memberikan secuplik gambaran (a glimpse) mengenai kehidupan di Eropa dengan harapan mampu membuat peserta merasa terpanggil dan semakin bersemangat untuk menginjakkan kaki mereka di Eropa sebagai mahasiswa pertukaran pelajar, terutama melalui Program IISMA.
 
Adapun para pembicara dalam kegiatan ini, yaitu Zalfa Jatmiko (Alumni IISMA 2021 di Universitas Sapienza Italia dari Universitas Airlangga), Christin Chatrin Nebore (awardee IISMA 2022 di Pecs University Hungaria dari Universitas Airlangga), serta para mahasiswa dari luar Program IISMA William Rotty (Mahasiswa Indonesia di KU Leuven, Belgia), dan Kamilia Hanani (Mahasiswa Indonesia di Universite De Tours, Prancis). Tak hanya mahasiswa, kegiatan Tales from around the world ini juga diikuti oleh pelajar SMA/SMK, mahasiswa, dan masyarakat umum.
 
Berkaitan dengan keberlanjutan Program IISMA di periode mendatang, kegiatan semacam Tales from around the world ini berfungsi sebagai sumber informasi mengenai pengalaman dan kegiatan belajar di luar negeri, khususnya terkait dengan program IISMA, sekaligus motivasi bagi para pelajar atau mahasiswa di Indonesia, juga bagi masyarakat umum. (Tim MBKM/Vicka C.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 515 kali