The Global Melting Pot: Keseharian Awardee IISMA di Asia  24 November 2022  ← Back



Asia, Kemendikbudristek -- Awardees (penerima beasiswa) Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 Kawasan Asia menyelenggarakan talk show bertajuk “The Global Melting Pot: Experiencing Life Abroad in Asia” pada Sabtu (19/11/2022). Para awardee kawasan ini berasal dari 13 host universities dari enam negara Asia, yakni Brunei Darussalam, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Kegiatan berbagi cerita edisi Asia ini merupakan rangkaian selanjutnya dari Program Tales from around the world yang bertujuan untuk berbagi pengetahuan, kisah, dan pengalaman selama menempuh studi di luar negeri, khususnya di Asia.
 
Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Program IISMA tidak hanya bertumpu pada akademik, namun juga non-akademik. Menurutnya, cerita-cerita dari pelaku yang menjalani dan merasakan langsung manfaat dari program IISMA dapat memberikan motivasi bagi anak-anak muda lainnya.
 
“Acara ini merupakan kebanggaan program IISMA karena para awardee dapat berbagi pada calon awardee IISMA. Harapan kami, adik-adik sekalian dapat terus mempertahankan reputasi dan kemauan untuk berbagi dengan sesama bangsa karena dengan cara inilah kita akan menjadi besar,” paparnya.
 
Sementara itu, perwakilan dari KBRI Singapura, IGAK Satrya Wibawa selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, mengapresiasi IISMA sebagai terobosan luar biasa dalam memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengecap pendidikan di luar negeri.
 
“Selain menjadi salah satu jalan bagi anak-anak bangsa untuk mendapat kesempatan ke luar negeri, IISMA juga menjadi proses belajar untuk memperbaiki dan membangun negara. Kesempatan luar biasa ini tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ungkap Satrya.
 
Dalam acara talk show ini, para narasumber berbagi info dan pengalaman-pengalaman menarik selama mengikuti program IISMA. Mulai dari pertimbangan memilih host university, mata kuliah dan proses pembelajaran yang diikuti, beradaptasi dengan lingkungan dan sistem perkuliahan di negara tujuan, hingga mempelajari kebudayaan di negara tujuan.
 
Acara ini juga diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi pelajar/mahasiswa untuk selalu mengembangkan diri melalui berbagai kesempatan. Salah satunya, dengan mengikuti program-program ke luar negeri seperti yang ditawarkan oleh IISMA.
 
Kegiatan talk show ini dimoderatori oleh Ranyandra Valera  Edhie Putra (awardee IISMA 2022 di Universiti Teknologi Malaysia, dari Universitas Pendidikan Indonesia) dengan narasumber antara lain, Evita Christiana (awardee IISMA 2022 di Universiti Malaya, Malaysia, dari Universitas Katolik Parahyangan), Fidella Novilya (awardee IISMA 2022 di National Taiwan University of Science and Technology, dari Universitas Sumatera Utara), Muhammad Bijaksabara Hikmawan (awardee IISMA 2022 di Korea University, dari Universitas Terbuka), Dian Insan Imani (awardee IISMA 2022 di Universiti Teknologi Malaysia, dari Universitas Indonesia), Haqal Aufarassya Anwar (awardee IISMA 2022 di Nanyang Technological University, Singapura dari Universitas Indonesia), dan Putri Faiqdini Baihaqi (awardee IISMA 2022 di Chulalongkorn University, Thailand, dari Institut Bio Scientia Internasional Indonesia). (Tim MBKM/Vicka C.)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4276 kali