Universitas Negeri Malang Juara Umum Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) ke-17  16 November 2022  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek – Setelah melewati final kompetisi yang berlangsung selama tiga hari, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) memberikan apresiasi kepada para pemenang sekaligus menutup acara Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) ke-17 pada Minggu (12/11/2022), dimana Universitas Negeri Malang keluar sebagai juara umum KJI tahun ini.
 
Koordinator Ajang Talenta BPTI, Keri Darwindo menyampaikan bahwa seluruh peserta yang hadir dan mengikuti final ini adalah para juara. “Adik-adik yang datang kesini adalah para juara, karena adik-adik sudah mengalahkan teman-teman lain yang juga ikut di dalam lomba KJI ini, sehingga nanti, siapapun yang akan menjadi champion itu adalah adik-adik semua yang hadir di tempat ini,” ucap Keri dalam acara penutupan dan penganugerahan KJI tahun 2022 pada Minggu (12/11/2022)
 
Rektor Universitas Pembangunan Jaya, Leenawaty Limantara menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang mengikuti kompetisi. “Tiga hari ini saya dari waktu ke waktu menyaksikan bagaimana adik-adik yang sangat luar biasa mempersiapkan dan berkompetisi. Saya kemudian mengambil satu kata-kata bijak dari William Foster yang mengatakan bahwa kualitas tidak serta merta,” tutur Leenawaty.
 
Leenawaty juga menambahkan bahwa seluruh finalis telah menjadi pemenang. Ia berharap mahasiswa dapat terus mengasah menajamkan diri untuk lebih berprestasi dan untuk lebih menjadi insan generasi muda yang membanggakan Indonesia. 
 
Dengan tema “Menumbuhkembangkan Talenta Muda dalam Merancang Jembatan yang Kokoh, Ringan, Estetik dan Futuristik,” ajang talenta ini telah menghadirkan berbagai inovasi mahasiswa di bidang jembatan yang luar biasa. Sebanyak 16 tim yang mewakili 8 jembatan model pelengkung, dan 8 jembatan model rangka baja telah menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam hal perancangan jembatan. Diharapkan kedepannya, talenta-talenta ini dapat memperkaya ilmu pengetahuan dan mampu mengetahui dan memahami secara komprehensif proses dan komponen jembatan sehingga jembatan yang dirancang dapat berfungsi dengan optimal. 
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Juri, Fauzri Fahimuddin berkesempatan untuk menyampaikan para pemenang dari ajang talenta ini. Universitas Negeri Malang diumumkan sebagai peraih juara umum dalam ajang ini. Dari perolehan juara ini, Fauzi mengingatkan peran dosen yang sudah mendampingi dan membekali para mahasiswa.
 
“Adik-adik sampai disini tidak lepas dari upaya para dosen yang tentunya disamping membekali mahasiswa-mahasiswa, tetapi juga menunjukkan profesionalisme mereka, agar murid-muridnya lebih profesional lagi melebihi mereka. Terima kasih para dosen dan pembimbing,” ujar Fauzi.
 
Fauzi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh finalis yang telah meluangkan waktu di sela-sela kesibukkan kuliah masih menunjukkan komitmen dan perhatian luar biasa untuk kompetisi KJI. 
 
Ajang talenta ini telah berlangsung sejak tanggal 11-13 November 2022 dengan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) sebagai tuan rumah. Secara rinci perolehan juara dan penghargaan adalah sebagai berikut.
Kategori Jembatan Rangka Baja
Juara 1                                                 : Politeknik Negeri Jakarta
Juara 2                                                 : Universitas Muhammadiyah Malang
Juara 3                                                 : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Harapan 1                                             : Universitas Negeri Yogyakarta
Harapan 2                                             : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Kategori Terkokoh                                  : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Kategori dengan kesesuaian antara implementasi dengan rancangan awal terbaik : Universitas Negeri Yogyakarta
Kategori Jembatan Terindah                   : Universitas Brawijaya
Kategori Pendatang Baru Terbaik            : Universitas Pembangunan Jaya
 
Kategori Jembatan Pelengkung 
Juara 1                                                 : Universitas Negeri Malang
Juara 2                                                 : Universitas Brawijaya
Juara 3                                                 : Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Harapan 1                                             : Politeknik Negeri Jakarta
Harapan 2                                             : Universitas Muhammadiyah Malang
Kategori Terkokoh                                  : Universitas Negeri Malang
Kategori dengan kesesuaian antara implementasi dengan rancangan awal terbaik: Universitas Negeri Malang
Kategori Jembatan Terindah                   : Universitas Brawijaya
 
(Humas BPTI / Andrew Fangidae)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 683 kali