Dubes RI untuk Inggris: Program IISMA Salah Satu Bentuk Diplomasi yang Efektif  06 Desember 2022  ← Back

London, Kemendikbudristek -- Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Desra Percaya, memberikan apresiasi terhadap program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Menurutnya, para mahasiswa telah menjalankan soft diplomacy yang efektif dengan memperkenalkan budaya Indonesia kepada para sivitas di perguruan tinggi yang menjadi tujuan studinya.

“Saya senang dan bangga mengetahui bahwa kalian telah mengenalkan Indonesia ke kampus masing-masing melalui berbagai kegiatan budaya. Hal ini merupakan soft diplomacy yang sangat efektif,” ucapnya pada acara Tales from Around the World pada 28 November 2022 lalu yang diikuti oleh penerima beasiswa IISMA di Inggris dan Irlandia.

Acara ini merupakan sebuah wadah bagi para penerima beasiswa IISMA untuk membagikan pengetahuan, kisah, dan pengalamannya selama menempuh studi di luar negeri, termasuk mengenalkan budaya dan lingkungan belajar di perguruan tinggi masing-masing kepada masyarakat umum. Cerita-cerita ini diharapkan dapat memberikan dampak sosial yang positif.

Rangkaian kegiatan Tales from Around the World sebelumnya telah diselenggarakan bagi mahasiswa dari tiga kawasan yaitu Australia, Uni Eropa, dan Asia. Desra juga mengungkapkan bahwa acara sharing session ini merupakan puncak kesuksesan penyelenggaraan program IISMA di Inggris dan Irlandia.

Selain Dubes RI untuk Inggris, acara ini juga dihadiri oleh Atase Pendidikan dan Budaya (Atdikbud) KBRI London, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia – Irlandia, serta Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia – Inggris.

Dalam sambutannya, Ketua Program IISMA Rachmat Sriwijaya menyampaikan bahwa hasil positif yang diperoleh program IISMA merupakan hasil kerja keras dari seluruh pemangku kepentingan yang ada. “Kami mengapresiasi pengakuan dari Pemerintah Inggris dan British Council terhadap program ini, serta dukungan dari KBRI London. Kami berterima kasih kepada Bapak Duta Besar yang terus mempromosikan IISMA hingga titik ini. Terima kasih kepada seluruh inisiatif awardees dalam mengadakan acara ini yang tentu akan mendatangkan kebaikan bagi para pemirsa dan pendengar,” paparnya.

Rachmat mengungkapkan bahwa porsi terbesar penerima beasiswa IISMA pada tahun 2021 dan 2022 adalah di kawasan Inggris dan Irlandia. Menurutnya, penyelenggaraan program IISMA di kawasan tersebut dapat terus berkembang di tahun-tahun mendatang dengan dukungan dari berbagai pihak.

Khairul Munadi, Atdikbud RI di Inggris turut memberikan motivasi kepada para mahasiswa Indonesia agar dapat menginspirasi teman-teman mahasiswa, kampus, dan masyarakat Indonesia khususnya para pemuda. “Jangan lupa niatkan dan tanamkan cita-cita untuk mewujudkan kondisi yang baik di mana Anda berkesempatan menimba ilmu dan pengalaman untuk dapat direalisasikan di Indonesia. Kalian adalah pemimpin masa depan Indonesia dan tentunya akan berkesempatan untuk berkontribusi bagi Indonesia,” ucapnya. (Tim MBKM/Editor: Vicka C.)
 
Link Dokumentasi
https://drive.google.com/drive/folders/1XZ5iym1FMokn3UACxCaIjD4OAAyxZRs8?usp=sharing
 
Tim Media dan Promosi
Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
Website: https://site.iisma.id
Instagram: @iisma_ri
Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards
YouTube: IISMA
Linkedin: Indonesian International Student Mobility Awards
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 5107 kali