HUT ke-23 DWP: Perkuat Jati Diri Perempuan sebagai Penggerak Keluarga dan Masyarakat  08 Desember 2022  ← Back

Jakarta, 7 Desember 2022 – Dharma Wanita Persatuan (DWP) melakukan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 dengan mengusung tema “Membangun Perempuan Cerdas untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”. Dalam pidato sambutannya, Ketua Umum DWP, Franka Makarim menyampaikan bahwa perempuan mempunyai peran multidimensi yang bukan sekedar sebagai pendamping, tetapi merupakan penggerak keluarga dan masyarakat.

“Perempuanlah yang merajut mimpi-mimpi pasangan dan cita-cita keluarganya. Untuk menjaga mereka semua, peran perempuan mahaberat, tapi semua itu bisa dilakoni apabila para perempuan juga saling menguatkan,” tutur Franka dalam pidato sambutannya saat HUT ke-23 DWP di Jakarta, Rabu (7/12).

Lebih lanjut disampaikan Franka, organisasi perempuan merupakan salah satu pilar masyarakat yang sangat penting. DWP bertujuan untuk meningkatkan sumber daya anggota keluarga Pegawai Negeri Sipil (PNS), saling mendukung dalam membina keluarga, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan.

Selain itu, diyakini apabila perempuan-perempuan dapat menyatukan diri, bukan hanya keindahan menyejukkan yang muncul, namun juga sumbangsih pandangan yang penting untuk kehidupan berkebangsaan. “Saya percaya bahwa DWP adalah buah kepanjangan dari kongres-kongres yang perempuan pernah lakukan, organisasi-organisasi perempuan yang bisa menggerakkan bangsa ini,” imbuh Franka.

Selanjutnya, Ketua Umum DWP mengajak seluruh anggotanya untuk berefleksi bersama agar memberikan dampak yang lebih besar dari sebelumnya. Menurutnya, tantangan di masa depan kian besar dan ia yakin bahwa DWP adalah organisasi yang solid dengan sejarah dan kiprah yang panjang.

“Kita harus belajar dari pengalaman mereka-mereka yang telah menapak jauh dengan idealisme, kita juga harus menorehkan dampak nyata dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang kita perkaya. Ini adalah kesempatan emas kita untuk berkontribusi bagi bangsa,” jelas Franka.

Mengakhiri pidatonya, Ketua Umum DWP mengajak seluruh anggotanya untuk bersama-sama memberikan pancaran sinar jiwa yang positif untuk orang terdekat dan keluarga sehingga secara tidak langsung akan menggerakkan kehidupan berbangsa dan bernegara dengan penuh semangat optimisme.

“Sekarang saatnya kita tentukan, apakah kita hanya akan berdiam dan melanjutkan, atau kita yang menjadi penggerak perubahan untuk kemaslahatan keluarga, bangsa, dan negara tercinta, Indonesia. Selamat Hari Ulang Tahun, Dharma Wanita Persatuan,” ucap Franka.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia HUT ke-23 DWP, Yani Agung Kuswandono mengemukakan beberapa kegiatan telah dilakukan dalam memperingati  HUT ke-23 DWP yang dirangkai dengan Peringatan Hari Ibu ke-94. Kegiatan tersebut antara lain kunjungan kerja ke desa binaan DWP Pusat di Desa Parungsari, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada 21-22 November 2022. Kegiatan tersebut diisi dengan pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu), pelatihan branding bisnis dan kemasan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pengelolaan sampah dan rumah pangan lestari, serta peningkatan kesadaran hukum dalam kepemilikan dokumen dukcapi.

Selain itu, beberapa kegiatan lainnya adalah lomba senam kesegaran jasmani DWP yang diikuti oleh DWP instansi pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/Kota; bakti sosial berupa pembagian 500 paket sembako untuk para staf DWP Pusat dan masyarakat sekitar kantor DWP Pusat; seminar nasional yang bertema “DWP Bergerak Bersama untuk Mewujudkan Keluarga Bahagia dan Sejahtera” pada tanggal 1-3 Desember 2022 dengan 475 orang peserta.

Sebagai puncak kegiatan, Peringatan HUT ke-23 DWP dilaksanakan pada 7 Desember 2022 dengan rangkaian acara seperti upacara resmi dan peluncuran Gerakan Keluarga Cerdas Membaca oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim bersama Ketua Umum DWP. Gerakan tersebut dicanangkan sebagai dukungan terhadap Gerakan Literasi Nasional. Selanjutnya, sebagai rangkaian akhir puncak Peringatan HUT ke-23 DWP, dilakukan gelar wicara bersama Mendikbudristek, Mona Ratuliu, dan Najeela Shihab.

Peringatan HUT ke-23 DWP diselenggarakan secara hibrida dengan peserta sebanyak 200 orang yang hadir secara luring serta 1.000 orang melalui daring. Kesuksesan acara tidak lepas dari dukungan Kementerian/Lembaga serta beberapa mitra swasta yang terlibat. Turut hadir dalam acara yaitu Ketua Umum Dharma Pertiwi, penasihat, ketua, pengurus, dan anggota DWP instansi pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI    
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#DemiKemajuan
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 772/sipers/A6/XII/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 3515 kali