Mahasiswa IISMA Ramaikan Festival Seni dan Musik di Thailand  13 Desember 2022  ← Back



Phetchaburi, Kemendikbudristek - Mahasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang saat ini menuntut ilmu di Chulalongkorn University berpartisipasi di acara “The 11th Phetchaburi Rajabhat University International Music and Dance Festival” pada 5 -- 7 Desember 2022. Festival ini menampilkan kesenian dari berbagai negara. Selain musik dan tari dari tuan rumah, negara lain seperti Indonesia, India, Bangladesh, Korea Selatan, Malaysia, dan Filipina turut memeriahkan acara.
 
“Acara ini bertujuan untuk membangun hubungan dan persatuan, terutama antar negara-negara ASEAN,” ucap Nattachai Nampoonsuksan, Gubernur Provinsi Phetchaburi.
 
Festival yang resmi dibuka oleh Privy Councillor Air Chief Marshal, Chalit Pukbhasuk, ini menghadirkan lebih dari 1.000 penonton setiap harinya. Enam mahasiswa IISMA yakni Aurelia Sherrylin Rosannedari, Duta Prasetyo Aji, Karen Christy Wibowo, Kevin Nathaniel, Putri Faiqdini Baihaqi, dan Reztha Audia Yusicka mendapatkan kesempatan menjadi representasi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok untuk menampilkan seni musik dan tari Indonesia. Para mahasiswa pun menunjukkan kebolehan mereka dengan membawakan rampai lagu tradisional Indonesia sambil menari. Lagu-lagu yang mereka tampilkan yaitu Padang Bulan dari Jawa Tengah, Galang Bulan dari Bali, Potong Padi dari Minahasa, Ampar-Ampar Pisang dari Kalimantan Selatan, Soleram dari Riau, dan Sik-Sik Sibatumanikam dari Sumatra Utara.
 
Selain menampilkan pertunjukkan seni musik dan tari, mahasiswa IISMA juga membantu menjaga stan kebudayaan Indonesia. Di stan ini berbagai kerajinan khas Indonesia seperti topeng batik, wayang golek tersedia bagi pengunjung. Berpartisipasi di festival tahunan ini merupakan sebuah kebanggaan dan kebahagiaan bagi para mahasiswa IISMA karena dapat mempromosikan Indonesia selama melakukan pertukaran pelajar di Negeri Gajah Putih.
 
Sesuai dengan pesan Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, kepada mahasiswanya, “kalian merupakan duta bangsa yang harus siap mempromosikan seni dan budaya Indonesia di kancah internasional”. Sedikit banyak, kesertaan Aurelia dan teman-teman dalam “The 11th Phetchaburi Rajabhat University International Music and Dance Festival” menunjukkan bahwa program IISMA berkontribusi dalam mengenalkan Indonesia kepada warga dunia. (Tim MBKM)
 
Tim Media dan Promosi
Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)
Website: https://site.iisma.id
Instagram: @iisma_ri
Facebook: Indonesian International Student Mobility Awards
YouTube: IISMA
Linkedin: Indonesian International Student Mobility Awards
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 35801 kali