Sinergi Kemendikbudristek dengan Kemenaker dan BNSP Kembangkan SLB Menjadi LSP-P1  21 Desember 2022  ← Back

Jakarta, 21 Desember 2022 – Komitmen menciptakan layanan pendidikan keterampilan inklusif tangguh berdikari guna membekali peserta didik penyandang disabilitas menjadi proritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Demikian diungkapkan Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim saat menyampaikan sambutan di puncak acara Karya Tanpa Batas, Jakarta, (20/12).

“Di sektor pendidikan, Kemendikbudristek terus memprioritaskan perwujudan sistem pendidikan yang inklusif, yakni pendidikan berkualitas untuk semua anak, terlepas dari latar belakang dan kondisinya. Pendidikan keterampilan merupakan salah satu bekal bagi peserta didik disabilitas untuk kelak terjun di masyarakat,” urai Nadiem.

Menteri Nadiem turut menambahkan dalam rangka memperkuat layanan pendidikan keterampilan peserta didik disabilitas, Kemendikbudristek bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sedang dalam proses mengembangkan Sekolah Luar Biasa (SLB) menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Kesatu (LSP-P1).

“Melalui kolaborasi kita untuk menyelaraskan dunia pendidikan dengan dunia kerja, terselenggaranya kegiatan ‘Karya Tanpa Batas’ ini akan semakin menguatkan upaya untuk mewujudkan gerakan nasional pengembangan kewirausahaan penyandang disabilitas menuju kemandirian ekonomi,” tegas Nadiem.

Kemendikbudristek bekerja sama dengan Kemenaker telah membuat Standar Kompetensi Kerja Khusus bagi Penyandang Disabilitas (SK3PD) merupakan Skema Sertifikasi berdasarkan SK3PD Paket 1 yang telah disusun dan disepakati oleh Kemendikbudristek dan BNSP serta dapat digunakan oleh semua SLB yang mengembangkan LSP-P1.

Pada acara tersebut, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD, Dikdasmen), bersama dengan BNSP meluncurkan pendirian sepuluh SLB sebagai rintisan LSP-P1.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan ‘Karya Tanpa Batas’ yang merupakan kolaborasi antara Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM) serta Kementerian/Lembaga terkait.

“KemenKopUKM menyambut baik acara ini yang mengedepankan public private partnership dalam mengembangkan ekonomi inklusi, serta ekonomi sosial yang terintegrasi menjadi bagian penting dari ekonomi nasional,” jelas Menteri Teten.

Peluncuran tersebut ditandai oleh penyerahan Skema Sertifikasi Kompetensi Bagi Penyandang Disabilitas dan Sertifikat Kompetensi Asesor secara simbolis oleh Direktur Jenderal PAUD dan Dikdasmen, Iwan Syahril kepada perwakilan dari SLB Negeri 1 Jakarta, LSP-P1 Bidang Keterampilan Percetakan Sablon, Sekolah Khusus Negeri 02 Serang Banten, LSP-P1 Bidang Keterampilan Suvenir, dan SLB Negeri Cicendo, LSP-P1 Bidang Keterampilan Tata Boga.

Ditemui seusai menerima Skema Sertifikasi Kompetensi Bagi Penyandang Disabilitas dan Sertifikat Kompetensi Asesor, Kepala SLBN 1 Jakarta sekaligus Dewan Pengarah LSP-P1 Bidang Keterampilan Percetakan Sablon, Dedeh Kurniasih mengungkapkan kegembiraannya setelah ditetapkan sebagai rintisan LSP-P1.

”Melalui penetapan rintisan tersebut, kiranya peserta didik di lembaga kami dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat menghasilkan karya yang diakui oleh masyarakat,” tegas Dedeh.

Daftar sepuluh SLB rintisan LSP-P1 sebagai berikut: SLB Negeri 1 Jakarta, LSP-P1 Bidang Keterampilan Percetakan Sablon; SLB Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH, Jambi, LSP-P1 Bidang Keterampilan Tata Kecantikan; SLB Negeri Pembina Lawang Jawa Timur, LSP-P1 Bidang Keterampilan Tata Graha; SLB Kartini Batam, LSP-P1 Bidang Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Selanjutnya, Sekolah Khusus Negeri 02 Serang Banten, LSP-P1 Bidang Keterampilan Suvenir; SLB Negeri Pembina Tk. Provinsi Sul-Sel, LSP-P1 Bidang Keterampilan Tata Busana; SLB Negeri Halmahera Barat, LSP-P1 Bidang Keterampilan Perbengkelan Sepeda Motor.

Kemudian, SLB Negeri Cicendo, LSP-P1 Bidang Keterampilan Tata Boga; SLB Negeri Semarang, LSP-P1 Bidang Keterampilan Seni Membatik; dan SLB Negeri Pembina Prov. Kal-Tim, LSP-P1 Bidang Keterampilan Budidaya Tanaman Hortikultura.

Menteri Nadiem dan Menteri Teten beserta tamu undangan yang hadir dihibur oleh penampilan Tari Nungkalit yang dibawakan oleh penyandang tuli dari komunitas Kitapoleng Bali, G-Star Dance, sebuah kelompok tari penyandang disabilitas intelektual dan peragaan busana oleh anak-anak dari Yayasan Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrome (POTADS).

Puncak acara Karya Tanpa Batas 2022 diselenggarakan pada tanggal 19 hingga 20 Desember 2022 di Gedung SMESCO Indonesia di mana lebih dari 40 booth yang menampilkan berbagai produk karya penyandang disabilitas. Dalam dua hari pelaksanaan acara tersebut juga diselenggarakan berbagai kelas lokakarya khusus bagi para penyandang disabilitas untuk mendukung tujuan kemandirian ekonomi dan manfaat kewirausahaan.

Adapun Dokumen SK3PD dan Skema Sertifikasi Komptensi terkait hal ini dapat diakses melalui laman Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus https://pmpk.kemdikbud.go.id.







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
    
Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI    
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#DemiKemajuan
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 804/sipres/A6/XII/2022

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 969 kali